This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Yulianti, Elli (2017) Pengembangan pembelajaran matematika dengan metode sugetopedia berbasis musik pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (374kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (370kB) |
||
|
Text
Bab 1.pdf Download (627kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (849kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (849kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (872kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Download (875kB) |
||
Text
Bab 5.pdf Download (711kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (581kB) |
Abstract
Adanya sugesti-sugesti negatif tentang pembelajaran matematika tentunya akan sangat berpengaruh terhadap minat mereka mengikuti pembelajaran matematika. Sugesti-sugesti negatif tentang matematika tersebut dapat dihilangkan apabila siswa merasa senang dalam mengikuti pembelajaran, perasaan senang tersebut dapat diperoleh dari metode pembelajaran. Salah satu metode yang dapat menghilangkan sugesti-sugesti negatif adalah metode sugestopedia berbasis musik. Metode sugestopedia berbasis musik menghilangkan sugesti negatif dengan memberikan sugesti positif dengan diiringi musik. Pada penelitian ini metode sugestopedia berbasis musik gabungkan dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT, NHT dipilih karena sistematikanya yang sederhana.
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan RPP dan LKS yang menggabungakn metode sugestopedia berbasis musik dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari 5 fase, akan tetapi peneliti hanya membatasi sampai fase ke empat.
Data penelitian dianalisis hingga diperoleh data sebagai berikut: kevalidan RPP berkategori valid dengan rata-rata sebesar 3,94. Kevalidan LKS berkategori valid dengan rata-rata sebesar 3,75. Masing-masing perangkat tersebut dinilai praktis oleh para ahli dengan memperoleh rata-rata nilai B. Aktivitas siswa dinyatakan efektif dengan memperoleh rata-rata nilai aktivitas siswa sebesar 19,5. Kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran dikatakan efektif dengan memperoleh rata-rata sebesar 3,79. Respon siswa terhadap pembelajaran positif dengan prosentase sebesar 73,1%. Hasil belajar siswa dinyatakan efektif dengan tercapainya standar keberhasilan setiap siswa dilihat dari penguasaan indikator (afektif, kognitif, psikomotorik) yaitu mencapai rata-rata 70.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Sugesti positif; metode sugestopedia berbasis musik; kooperatif tipe NHT | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Yulianti Elli | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2017 08:24 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2017 08:24 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19334 |
Actions (login required)
View Item |