Pengembangan pembelajaran matematika dengan metode sugetopedia berbasis musik pada materi sistem persamaan linier dua variabel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yulianti, Elli (2017) Pengembangan pembelajaran matematika dengan metode sugetopedia berbasis musik pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (374kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (370kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (872kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (875kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (711kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (581kB)

Abstract

Adanya sugesti-sugesti negatif tentang pembelajaran matematika tentunya akan sangat berpengaruh terhadap minat mereka mengikuti pembelajaran matematika. Sugesti-sugesti negatif tentang matematika tersebut dapat dihilangkan apabila siswa merasa senang dalam mengikuti pembelajaran, perasaan senang tersebut dapat diperoleh dari metode pembelajaran. Salah satu metode yang dapat menghilangkan sugesti-sugesti negatif adalah metode sugestopedia berbasis musik. Metode sugestopedia berbasis musik menghilangkan sugesti negatif dengan memberikan sugesti positif dengan diiringi musik. Pada penelitian ini metode sugestopedia berbasis musik gabungkan dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT, NHT dipilih karena sistematikanya yang sederhana.
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan RPP dan LKS yang menggabungakn metode sugestopedia berbasis musik dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari 5 fase, akan tetapi peneliti hanya membatasi sampai fase ke empat.
Data penelitian dianalisis hingga diperoleh data sebagai berikut: kevalidan RPP berkategori valid dengan rata-rata sebesar 3,94. Kevalidan LKS berkategori valid dengan rata-rata sebesar 3,75. Masing-masing perangkat tersebut dinilai praktis oleh para ahli dengan memperoleh rata-rata nilai B. Aktivitas siswa dinyatakan efektif dengan memperoleh rata-rata nilai aktivitas siswa sebesar 19,5. Kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran dikatakan efektif dengan memperoleh rata-rata sebesar 3,79. Respon siswa terhadap pembelajaran positif dengan prosentase sebesar 73,1%. Hasil belajar siswa dinyatakan efektif dengan tercapainya standar keberhasilan setiap siswa dilihat dari penguasaan indikator (afektif, kognitif, psikomotorik) yaitu mencapai rata-rata 70.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yulianti, Ellievbrian94@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Sugesti positif; metode sugestopedia berbasis musik; kooperatif tipe NHT
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yulianti Elli
Date Deposited: 11 Aug 2017 08:24
Last Modified: 11 Aug 2017 08:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19334

Actions (login required)

View Item View Item