This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hanif, Alfi Rosyidah (2017) Peningkatan hasil belajar IPS materi peninggalan-peninggalan sejarah hindu-budha di Indonesia dengan metode mind mapping pada kelas V di MI Darul Karomah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (538kB) |
||
Text
Abstrak.pdf Download (482kB) |
||
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
Bab 5.pdf Download (485kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (394kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V MI Darul Karomah Sidoarjo masih menunjukkan kurang maksimal. Proses belajar yang terjadi di kelas masih terlihat kurang menarik dan cenderung pasif. Hal ini ditunjukkan ketika kegiatan belajar di kelas siswa kurang memperhatikan guru dalam menjelaskan materi. Dalam menyampaikan materi juga guru cenderung lebih sering menggunakan metode ceramah dan penugasan, hal ini menjadikan peserta didik kurang memahami pembelajaran dan hasil belajar rendah. Dengan melihat hasil belajar siswa sebelum dilakukan penelitian yang sebagian masih dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Merespon hal tersebut, maka peneliti mencoba menggunakan metode Mind Mapping, dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di MI Darul Karomah Sidoarjo. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini yaitu: (1)Bagaimana penerapan metode Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar IPS Mmateri peninggalan-peninggalan sejarah Hindu-Budha di Indonesia pada Kelas V di MI Darul Karomah Sidoarjo? (2)Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS materi peninggalan-peninggalan sejarah Hindu-Budha dengan metode Mind Mapping pada kelas V di MI Darul Karomah Sidoarjo?Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian Kurt Lewin, terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan (observasi), dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V di MI Darul Karomah Sidoarjo tahun pelajaran 2016-2017 dengan jumlah siswa 42, terdiri dari 24 siswa dan 18 siswi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan penilaian tes tulis.Hasil penelitian ini dapat diperinci sebagai berikut: 1) Penerapannya dalam metode Mind Mapping terdapat peningkatan aktivitas guru dan siswa pada setiap siklusnya, ini dapat dibuktikan untuk aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 57,5 (tinggi) sedangkan pada siklus II mencapai 82,5 (tinggi sekali). Aktivitas siswa pada siklus I mencapai 58,3 (tinggi) sedangkan pada siklus II mencapai 86,6 (tinggi sekali). 2)Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, pada siklus I prosentase ketuntasan belajar sebesar 28,57%. Pada siklus II prosentase hasil belajar meningkat menjadi 83,3%, sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena telah mencapai
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Belajar Pendidikan Sejarah |
||||||
Keywords: | Peninggalan sejarah; belajar IPS | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | hanif Alfi rosyidah | ||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2017 06:22 | ||||||
Last Modified: | 14 Aug 2017 06:22 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19461 |
Actions (login required)
View Item |