This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Cahyaningtyas, Rany Dwi (2017) Penerapan strategi Hollywood Square dalam meningkatkan pemahaman materi IPA kelas V MI Tarbiyatus Shibyan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (287kB) |
||
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (310kB) | Preview |
|
Text
Bab 1.pdf Download (273kB) |
||
Text
Bab 2.pdf Download (699kB) |
||
|
Text
Bab 3.pdf Download (757kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (830kB) | Preview |
|
Text
Bab 5.pdf Download (200kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (201kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA materi proses pembentukan tanah di MI Tarbiyatus Shibyan Surabaya. Penyebabnya yaitu strategi dan metode pembelajaran yang digunakan berpusat pada guru sehingga siswa hanya mencapai tingkat kognitif berupa menghafal. Dari hasil wawancara, siswa mengaku kesulitan dalam menjelaskan proses pembentukan tanah, membedakan jenis-jenis pelapukan batuan serta jenis-jenis batuan. Rumusan Masalah dari penelitian ini yaitu: (1) bagaimana penerapan strategi Hollywood Square pada mata pelajaran IPA materi proses pembentukan tanah pada siswa kelas V MI Tarbiyatus Shibyan Surabaya? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi proses pembentukan tanah setelah penerapan strategi Hollywood Square pada siswa kelas V MI Tarbiyatus Shibyan Surabaya? Tujuan dari penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah diatas yaitu dapat mengetahui penerapan strategi Hollywood square dalam meningkatkan pemahaman materi proses pembentukan tanah pada siswa kelas V MI Tarbiyatus Shibyan Surabaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V MI Tarbiyatus Shibyan Surabaya berlokasi di jln Asemrowo gang mulya no 12 Surabaya. Teknik pengumpulan data yaitu tes tulis, observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada nilai akhir dari hasil observasi aktivitas guru dari 67,7 (kurang) pada siklus I menjadi 95 (sangat baik) pada siklus II. Selain itu, nilai akhir dari hasil observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 62,5 (kurang) pada siklus I menjadi 92 (sangat baik) pada siklus II. (2) Pemahaman siswa terhadap materi proses pembentukan tanah mengalami peningkatan Pada siklus I, nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 60,67 (cukup) dan pada siklus II sebesar 81,14 (baik). Sedangkan ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 57% (cukup) pada siklus I menjadi 85,71% (sangat baik) pada siklus II.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | materi IPA; strategi Hollywood Square | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Cahyaningtyas Rany Dwi | ||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2017 04:32 | ||||||
Last Modified: | 14 Aug 2017 04:32 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19532 |
Actions (login required)
View Item |