This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Janah, Dewi Roikhatul (2017) Peningkatan kemampuan menghitung perkalian mata pelajaran matematika materi pecahan biasa melalui metode jarimatika kelas VB MI Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (633kB) |
||
|
Text
Abstrak.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (128kB) | Preview |
|
Text
Bab 1.pdf Download (592kB) |
||
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (954kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (136kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang dilakukan penelitian ini adalah dikarenakan Rendahnya kemampuan mrnghitung siswa pada siswa kelas VB MI Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo. Penyebab lainnya yakni Guru belum menggunakan teknik dan trik berhitung yang sesuai dengan karakteristik siswa dan menggunakan cara-cara konvensional. Maka dari itu penelitian ini memilih menggunakan pembelajaran dengan teknik jarimatika, dengan harapan akan dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas VB MI Roudlotul Banat Sepanajang Sidoarjo. Jarimatika merupakan cara berhitung dengan menggunakan alat berupa kesepuluh jari tangan. Tujuan diadakan Penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Untuk mengetahui penggunaan metode Jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada pelajaran Matematika materi operasi hitung pecahan siswa siswi kelas VB di MI Roudlotul Banat Sepanjang, Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung perkalian pada pelajaran Matematika menggunakan metode Jarimatika pada siswa siswi kelas V B di MI Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model PTK yang dikembangkan oleh Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya memiliki empat tahap, yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi (4) refleksi. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Jarimatika mengalami peningkatan. Aktivitas guru meningkat dari perolehan pada siklus I 72,5 (Baik) dan pada siklus II menjadi 88,75 (Sangat Baik). Aktivitas siswa meningkat pada siklus I 60 (Cukup) menjadi 88,75 (Sangat Baik) pada siklus II. Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 73,1 menjadi 87,8 pada siklus II. Prosentase kemampuan menghitung siswa juga meningkat dari 63,1% (Kurang) menjadi 89,5% (Baik).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan |
||||||
Keywords: | Kemampuan menghitung; Mata pelajaran matematika; Metode Jarimatika | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | JANAH DEWI ROIKHATUL | ||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2017 07:13 | ||||||
Last Modified: | 14 Aug 2017 07:13 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19536 |
Actions (login required)
View Item |