Pengaruh manajemen sarana dan prasarana pendidikan terhadap mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurdiana, Indah (2017) Pengaruh manajemen sarana dan prasarana pendidikan terhadap mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (403kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (916kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (201kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Terhadap Mutu Pembelajaran di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo”. Masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini menyangkut manajemen sarana dan prasarana dan mutu dan mutu pembelajaran untuk mengetahui gambaran yang jelas mengenai seberapa besar pengaruh manajemen sarana dan prasarana pendidikan terhadap mutu pembelajaran di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatifteknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup, dengan sampel dalam penelitian ini adalah semua guru yang berjumlah 59 orang. Berdasarkan hasil perhitungan manual variabel manajemen sarana dan prasarana (x) berada dalam kategori cukup, dengan skor sebesar 67%, dan jumlah variabel mutu pembelajaran (y) berada pada kategori cukup, dengan skor sebesar 59%. Selain perhitungan manual, analisis SPSS Versi 16 juga digunakan dalam penelitian ini, dengan memakai rumus regresi linier. Hasil analisis regresi menyatakan bahwa variabel sarana dan prasarana dipengaruhi oleh mutu pembelajaran sebesar 57,8%, sisanya 42,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Kemudian hasil analisis uji t menyatakan bahwa t hitung sebesar 8.829 lebih besar dari t tabel 2,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya “ ada pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap mutu pembelajaran. Kesimpulannya, semakin baik tingkat manajeman sarana dan prasarana, maka dapat berpengaruh terhadap mutu pembelajaran di MTs Darul Ulum Waru. Dari hasil penelitian disarankan kepada puhak sekolah Hendaknya para guru lebih meningkatkan mutu pembelajaran dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang telah di sediakan oleh kepala sekolah sehingga pembelajaran berjalan dengan optimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurdiana, Indahindahdiana99@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Manajemen Sarana Dan Prasarana; Mutu Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: nurdiana indah
Date Deposited: 18 Aug 2017 07:45
Last Modified: 18 Aug 2017 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19666

Actions (login required)

View Item View Item