This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fathullah, Fathullah (2012) Problematika Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Madrasah Jbtidaiyah Syariful Anwar Poteran Talango Sumenep. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (718kB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (118kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (183kB) |
||
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Bab 5.pdf Download (102kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (251kB) | Preview |
Abstract
Adanya desentralisasi pendidikan, manajemen pendidikan sekolah menjadi otonom. Sehingga lembaga pendidikan (Sekolah/Madrasah) memiliki otonomi untuk meyelenggarakan pendidikan sesuai dengan perencanaan sekolah. MBS merupakan pilihan sekaligus orientasi pemerintah daerah dalam era otonomi tersebut. Pada sisi lain, penerapan MBS adalah bagian dari paradigma baru pengelolaan pendidikan di tingkat sekolah, diharapkan dapat menjadi solusi atas segala permasalahan pendidikan terutama pada tingkat mikro (sekolah/madrasah). Secara sederhana dikatakan, manajemen berbasis sekolah akan menjadi titik central dalam meningkatkan mutu sekolah/madrasah, Bila diimplementasikan dengan kondisi yang benar, akan tetapi MBS juga akan menjadi problem bagi sekolah tersebut, bila sekolah masih belum siap dalam mengimpelementasikannya. Oleh karena itu sebelum menerapkan MBS sekolah/madrasah diharapkan benar-benar siap dalam segala bentuk yang berhubungan dengan peningkatan mutu sekolah/madrasah misalnya; mengadakan pembinaan atau penataan kepada personalia sekolah, mengadakan pendekatan kepada masyarakat, mensosialisasikan rencana anggaran kepada masyarakat dan steke holder lainnya, mengadakan sosialisasi program MBS kepada masyarakat dan melaksanakan program kerja sekolah dan merealisasikannya. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) bagaiman problematika penerapan MBS di MI Syariful Anwar Poteran Talango Sumenep? (2) bagaimana faktor pendukung dan penghambat penerapan MBS di MI Syariful Anwar Poteran Talango-Sumenep? Untuk memperoleh basil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif (deskriptif kualitatif), adapun metode yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah; (1) Problematika Penerapan MBS di MI Syariful Anwar yayasan yang masih belum memberikan kewenangan, sulitnya keterlibatan masyarakta dan orang tua siswa, kurangnya kompetensi guru yang belum memadai (2) faktor pendungkung dan penghambat penerapan MBS di MI Syariful Anwar meliputi kerja samanya antara para staf dan pihak sekolah dan masyarakat dalam membentuk program-progran sekolah, dan apabila tidak ada kerja sama antara kepala sekolah dengan yang pihak terkait maka tidak akan mendapatkan sesuatu yang telah dicanangkan, tenaga pendidik yang masih belum sepenuhnya menunjang keberhasilan pembelajaran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan | ||||||
Keywords: | Problematika manajemen; penerapan manajemen; MBS | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 26 Sep 2017 07:07 | ||||||
Last Modified: | 08 Dec 2017 16:43 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20367 |
Actions (login required)
View Item |