This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Pujilestari, Sri Suko (2012) Pengembangan karakteristik respon peserta didik sesuai penjenjangan taksonomi solo terhadap masalah matematika 'analisis' berdasarkan taksonomi bloom. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (667kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (120kB) | Preview |
|
Text
Bab 1.pdf Download (658kB) |
||
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
Bab 3.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (186kB) | Preview |
Abstract
Peserta didik seringkali merasa kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika yang membutuhkan kemampuan kognitif yang tinggi. Salah satu cara untuk mengukur pencapaian hasil peserta didik dan bagaimana respon peserta didik dalam menghadapi masalah matematika dengan menggunakan taksonomi pendidikan. Salah satu contoh taksonomi pendidikan yaitu taksonomi Bloom dan taksonomi SOLO. Taksonom Bloom digunakan untuk mengklasifikasikan kemampuan kognitif peserta didik menjadi 6 salah satunya yaitu analisis, sedangkan taksonomi SOLO digunakan untuk mengukur kualitas respon peserta didik dalam menghadapi masalah matematika. Berdasarkan peran yang berbeda itu, seharusnya kedua taksonomi itu dapat digunakan sebagai altematif sistem evaluasi yang saling melengkapi. Maka peneliti berinisiatif untuk mengembangkan karakteristik respon peserta didik sesuai penjenjangan taksonomi SOLO terhadap masalah matematika 'analisis' menurut taksonomi BLOOM yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara berbasis tugas. Setelah dilakukan analisis data maka karakteristik sel (S 1-C4) sebagai berikut : menuliskan hal-hal yang diketahui dan menjelaskan keterkaitan antar hal-hal yang diketahui, menuliskan hal yang ditanyakan dan menjelaskan keterkaitan antara hal yang diketahui dengan hal yang ditanyakan, menggunakan sebuah konsep atau prinsip untuk menyelesaikan masalah, mengidentifikasi ciri-ciri penyelesaian masalah dengan satu model. Sedangkan karakteristik sel (S2-C4) yaitu menuliskan hal-hal yang diketahui dan menjelaskan keterkaitan antar hal-hal yang diketahui, menuliskan hal yang ditanyakan dan menjelaskan keterkaitan antara hal yang diketahui dengan hal yang ditanyakan, menggunakan dua buah konsep atau prinsip untuk menyelesaikan masalah, mengidentifikasi ciri-ciri penyelesaian masalah dengan dua model analisis, Selanjutnya karakteristik sel (S3-C4) yaitu menuliskan hal-hal yang diketahui dan menjelaskan keterkaitan antar hal-hal yang diketahui, menuliskan hal yang ditanyakan dan menjelaskan keterkaitan antara hal yang diketahui dengan hal yang ditanyakan, menggunakan dua buah konsep atau prinsip untuk menyelesaikan masalah, mengidentifikasi ciri-ciri penyelesaian masalah dengan dua model analisis yang berbeda, menjelaskan keterkaitan dua model analisis.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan - Karakter |
||||||
Keywords: | Karakteristik respon; taksosnomi solo; taksonomi bloom; matematika | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 27 Sep 2017 03:34 | ||||||
Last Modified: | 27 Sep 2017 03:34 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20380 |
Actions (login required)
View Item |