Pembelajaran materi Tsaqofah Islam dalam membentuk karakter peserta didik di Homeschooling Group SD Khoiru Ummah 12 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Siti (2012) Pembelajaran materi Tsaqofah Islam dalam membentuk karakter peserta didik di Homeschooling Group SD Khoiru Ummah 12 Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (140kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20415

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah Homeschooling Group SD Khoiru Ummah 12 Sidoarjo yaitu lembaga pendidikan formal yang dibina di bawah Yayasan el-Diina yang beralamatkan di JI. Raden Kanan RT 005/004 Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor dan diketuai oleh Dr. Ir. Yuliana, M. Si. Homeschooling Group SD Khoiru Ummah 12 Sidoarjo menerapkan sistem pendidikan yang berbasis akidah Islam. Melalui program pendidikan anak usia pauprabaligh/baligh IT dengan metode homeschooling group mengajak orang tua dan putra putrinya yang berusia 6-12 tahun untuk bergabung bersama-sama dalam program ini. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum pendidikan integral anak usia prabaligh dan baligh berbasis akidah Islam untuk mewujudkan generasi pemimpin yang shaleh, sehat, cerdas dan peduli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran materi Tsaqofah Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Homeschooling Group SD Khoiru Ummah 12 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan dilapangan yang bersifat verbal, dan tidak berupa angka-angka dengan subyek penelitian meliputi guru kelas, peserta didik, dan kepala sekolah di Homeschooling Group SD Kholru Ummah 12 Sidoarjo. Hasil penelitian ini menunjukkan: di Homeschooling Group SD Khoiru Ummah 12 Sidoarjo menggunakan pembelajaran materi tsaqofah Islam dalam membentuk karakter peserta didik. Karakter yang Islami dapat dilihat dari pola pikir dan pola sikap para peserta didik dimana kedua hal ini dapat dilihat dari evalusi. Maka dari itu perlu dipahamkan pada peserta didik tentang tsaqofah-tsaqofah Islam sehingga akidah dapat dijadikan dasar pola pikir mereka serta diperlukan juga lingkungan kondusif yang disuanakan dengan ghiroh keislaman, agar anak terbiasa dalam lingkungan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Siti--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Tsaqofah Islam; karakter peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2017 08:09
Last Modified: 08 Dec 2017 16:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20415

Actions (login required)

View Item View Item