Peningkatan motivasi belajar aqidah akhlak melalui metode role playing di kelas VI Ml Miftahul Huda Gelang Tulangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailiyah, Indatul (2012) Peningkatan motivasi belajar aqidah akhlak melalui metode role playing di kelas VI Ml Miftahul Huda Gelang Tulangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (527kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas VI MI Miftahul Huda pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan akhlak terpuji sebelum menggunakan metode role playing, (2) Bagaimana pelaksanaan metode Role playing dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan akhlak terpuji pada siswa kelas VI MI Miftahul Huda, (3) Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan metode role playing dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan akhlak terpuji pada siswa kelas VI MI Miftahul Huda. Peningkatan motivasi belajar dalam PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan retleksi. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI MI Miftahul Huda. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan basil deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan siswa mengalami peningkatan motivasi belajar kategori baik 36% pada siklus I menjadi 78% pada siklus II. Siswa dapat memahami dan mempraktekkan dengan baik metode bermain peran, baik sebagai pemeran peran maupun sebagai pengamat peran. Siswa lebib bersemangat dalam belajar, ulet dalam menghadapi kesulitan serta dapat mempraktekkan materi akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-bari. Jadi dapat disimpulkan metode role Playing dapat meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak siswa materi akhlak terpuji pada kelas VI MI Miftahul Huda Gelang Tulangan Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailiyah, IndatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Keywords: Motivasi Belajar; Metode Role Playing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2017 02:35
Last Modified: 02 Oct 2017 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20445

Actions (login required)

View Item View Item