This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jannah, Nur Ridlotul (2012) Pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri berbasis masalah pada sub pokok bahasan trigonometri di kelas XI MA Nurul Huda Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (173kB) |
||
Text
Bab 1.pdf Download (125kB) |
||
Text
Bab 2.pdf Download (735kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Download (388kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Download (849kB) |
||
Text
Bab 5.pdf Download (130kB) |
||
Text
Bab 6.pdf Download (184kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (68kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk:(a) mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri berbasis masalah pada sub pokok bahasan trigonometri.(b) mengetahui kevalidan hasil pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri berbasis masalah pada sub pokok bahasan trigonometri.(c) mengetahui kepraktisan hasil pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri berbasis masalah pada sub pokok bahasan trigonometri.(d) mengetahui aktifitas siswa selama berlangsungnya pembelajaran inkuiri berbasis masalah pada sub pokok bahasan trigonometri.(e) mengetahui keterlaksanaan sintaks pembelajaran selama berlangsungnya pembelajaran inkuiri berbasis masalah pada sub pokok bahasan trigonometri.(f) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran inkuiri berbasis masalah pada sub pokok bahasan trigonometri.(g) mengetahui hasil belajar matematika siswa selama proses berlangsungnya pembelajaran inkuiri berbasis masalah pada sub pokok bahasan trigonometri. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penel itian ini menggunakan model 4D Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi 3D, yaitu: Define, Design, dan Development. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, buku siswa, dan LKS. lnstru men penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pemebelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, lembar keterlaksanaan sintaks pembelajaran, lembar angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Setelah data dianalisa secara deskriptif, maka diperoleh hasil penel itian sebagai berikut: Nilai kevalidan RPP sebesar 3,46, yang berarti valid, nilai keval idan buku siswa sebesar 3,41, yang berarti valid, dan kevalidan LKS sebesar 3,58, yang berarti valid. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan yang meliputi: Aktivitas siswa efektif karena seluruh aspek telah memen uhi kriteria waktu ideal. Respon siswa efektif karena lebih dari 70% siswa memberikan respon positif. Sintaks pembelajaran efektif karena keterlaksanaan mencapai 100% dengan nilai rata-rata 3,8 yang berarti setiap langkah dalam RPP telah terlaksana dengan baik. Hasil belajar siswa efektif, karena telah memenuhi kriteria ketuntasan individual dan klasikal, yaitu lebih besar dari 75% siswa tuntas dalam pembelajaran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Inkuiri; Pembelajaran Berbasis Masalah; Trigonometri | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 02 Oct 2017 04:11 | ||||||
Last Modified: | 02 Oct 2017 04:11 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20451 |
Actions (login required)
View Item |