This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Novalianti, Weni (2012) Implementasi pendekatan empat pilar pendidikan UNESCO pada mata pelajaran Fiqih kelas X di MAN Rejosari Madiun. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (555kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) |
||
Text
Bab 3.pdf Download (495kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Download (765kB) |
||
Text
Bab 5.pdf Download (87kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (204kB) |
Abstract
Penelitian ini telah menjawab dua rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi pendekatan empat pilar pendidikan UNESCO kelas X pada mata pelajaran Fiqih di MAN Rejosari Madiun? (2) Adakah faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendekatan empat pilar pendidikan UNESCO kelas X pada mata pelajaran Fiqih di MAN Rejosari Madiun? Penelitian yang penulis lakukan merupakan jenis penelitian kualitatif, sehingga penelitian ini tidak berupa angka-angka tetapi berupa kata-kata yang menggambarkan fakta di lapangan. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, wawancara, dokumentasi. Hal ini dilakukan agar mendapatkan data yang valid dan representative sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sedangkan dalam penyajian dan analisis data penulis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu suatu analisis yang menfokuskan pada penunjukan makna, menjelaskan dan menempatkan data pada konteksnya masing-masing dan melukiskannya dalam bentuk kata-kata, data yang terkumpul kemudian di analisis untuk menyederhanakan data ke dalam bentuk yang lebih mudah di baca dan diinterpretasikan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pendekatan empat pilar pendidikan UNESCO kelas X pada mata pelajaran Fiqih di MAN Rejosari Madiun dapat dikatakan baik, hal ini sesuai dengan observasi penulis di kelas X 2 dengan ikut langsung dalam pembelajaran, beberapa macam belajar di dalam pendekatan empat pilar pendidikan UNESCO sudah diterapkan dengan baik. Di samping itu pula guru Fiqih dalam pembelajaran PAI juga menggunakan metode ceramah, diskusi, driil, tanya jawab, demonstrasi serta penugasan dan pendekatan inkuiri, rasional, fungsional, emosional, pengalaman dan pembiasaan. Faktor-faktor penghambat dan pendukung pendekatan empat pilar pendidikan UNESCO adalah: faktor Pendukung: 1) Fasilitas sekolah yang memadai, 2) Latar belakang dan pengalaman guru yang beragam, 3) Pemahaman guru tentang pendekatan empat pilar pendidikan UNESCO. Faktor penghambat: 1) Beragamnya peserta didik, 2) alokasi waktu yang terbatas.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Fikih Pendidikan |
||||||
Keywords: | Pendekatan empat pilar pendidikan UNESCO; mata pelajaran Fiqih | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 05 Oct 2017 04:43 | ||||||
Last Modified: | 05 Oct 2017 04:43 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20497 |
Actions (login required)
View Item |