This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sari, Ratih Rafika (2010) Pelaksanaan sosiometri untuk mengetahui hubungan sosial anak tuna grahita dalam menentukan priferensi terhadap teman di Sekolah Luar Biasa ’’putra Mandiri” Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (565kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Download (703kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (327kB) | Preview |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (126kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengumpulan data melalui sosiometri, dapat atau tidaknya anak tuna grahita melakukan priferensi dan hubungan sosial di SLB “Putra Mandiri” Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan tehnik wawancara, observasi, dokumentasi dan sosiometri sebagai alat untuk mengetahui hubungan sosial anak, preferensi, serta mengetahui proses pengumpulan data melalui sosiometri. Penelitian ini dilatar belakangi adanya berbagai masalah dalam hubungan sosial anak dikarenakan suatu hal yang sifatnya tidak sementara tetapi cenderung menetap dan melekat pada dirinya, juga bukan semacam penyakit yang tidak perlu disembuhkan tetapi perlu dinormalisasikan, sehingga masalah yang ada pada anak-anak itu tidak berdampak negatif dalam hidupnya. Mereka inilah anak-anak yang memiliki kelainan baik secara fisik maupun psikis di Sekolah Luar Biasa. Adapun permasalahan yang mereka hadapi dalam menjalin hubungan sosial adalah rasa rendah diri, tidak percaya diri, menjadi bahan cemooh masyarakat dan teman sebaya, emosional yang tidak terkendali seperti marah yang berlebihan, menangis, berteriak-teriak bahkan bertingkah laku kasar. Permasalahan inilah yang dialami anak-anak berkelainan, baik fisik maupun psikis yang kadangkala sangat sulit diterima baik oleh teman sebaya maupun masyarakat, sehingga akhimya mereka cenderung di kucilkan dan tidak disukai, yang berdampak tidak mendapatkan tempat layak baik di tengah-tengah masyarakat maupun teman sebaya. Untuk itu priferensi dirasa perlu dan merupakan sikap yang hams dikembangkan pada diri anak-anak berkelainan, baik fisik maupun psikis, mengingat priferensi dapat mempengaruhi tingkah laku seseorang dalam bersikap dengan orang lain, yaitu apabila seseorang suka/senang terhadap seseorang maka dia akan memiliki sikap yang positif terhadap orang tersebut dan jika sudah begitu dia cenderung untuk memuji, merasa nyaman, dan senang dengan orang tersebut. Begitu juga sebaliknya jika dia tidak suka/senang terhadap seseorang maka dia memiliki sikap yang negatif terhadap orang tersebut, jika sudah begitu maka dia cenderung untuk memusuhi, menjauhi dan membenci. Begitu pula dengan anak- anak di SLB “Putra Mandiri” khususnya anak-anak tuna grahita yang memiliki permasalahan sebagaimana tersebut di atas, akibatnya suasana dalam kelas tidak terkendalikan sehingga proses belajar mengajar menjadi tidak kondusif, dikarenakan tingkah laku anak yang tidak dapat diterima oleh anak yang lainnya, sehingga suasana kelas begitu gaduh, penuh dengan teriakan, emosional yang berlebihan dan pada akhimya gum kesulitan dalam menangani mereka.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Perilaku | ||||||
Keywords: | Sosiometri; hubungan sosial; anak tuna grahita | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 17 Oct 2017 03:54 | ||||||
Last Modified: | 04 Oct 2018 09:06 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20650 |
Actions (login required)
View Item |