This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Iswati, Ririn (2017) تطوير المواد التعليمية لمهارة الإستماع على أساس اللعبة اللغوية في مدرسة "الإسلام" الإبتدائية داجعان مديون. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (669kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (709kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (737kB) | Preview |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (815kB) |
Abstract
Materi Pembelajaran merupakan hal penting dalam mendukung keberlangsungan pembelajaran dan dasar dari pembelajaran. Materi pembelajaran tersusun atas pengetahuan, kompetensi, serta alat untuk mengukur kompotensi dasar. Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk membantu guru dalam pembelajaran dan belajar. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini, peneliti menemukan kesalahan dalam bidang Istima’ dan tidak adanya materi yang sesuai dengan istima’ di Madrasah “Al Islam” Al Ibtidaiyah Dagangan Madiun. Peneliti juga menggunakan permainan bahasa untuk menhindari siswa tidak bosan.Untuk memudahkan siswa belajar maka peneliti berusaha mengembangkan materi ajar yang cocok dengan tingkatan dan keadaan siswa. Peneliti telah melakukan observasi terlebih dahulu sebelum pengembangan materi pembelajaran di Madrasah “Al Islam” Al Ibtidaiyah.Setelah mendapat data yang diperlukan, mulailah peneliti mendesain materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa.Mengukur efektifitas pengembangan materi ajar yang telah tersusun sehingga menjadi materi ajar yang efektif dan bermanfaat untuk siswa madrasah “Al Islam” al-Ibtidaiyah.
Peneliti menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol.Dalam pelaksanaannya rata-rata yang didapat kelas eksperimen adalah 76,8 dan kelas kontrol 70.3. peneliti menganalisis hasil dari test tersebut dengan menggunakan rumus One Sample T-Test. Dengan Hipotesis Ho: tidak ada perbedaan antara pre-test dan post-test, Ha: ada perbedaan antara pre-test dan pro-test. Dan hasil penghitungan rumus T-Test menunjukkan bahwa T-Hitung lebih besar daripada T-Tabel (6,689> 2,086), Maka terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Maka terdapat ektifitas desain pembelajaran dalam mengembangkan kompetensi mendengar dengan menggunakan permainan bahasa untuk Madrasah “Al Islam” Al Ibtidaiyah Dagangan Madiun
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab | ||||||
Keywords: | Materi Pembelajaran Maharot Istima’, Permainan Bahasa | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Iswati Ririn | ||||||
Date Deposited: | 26 Oct 2017 07:04 | ||||||
Last Modified: | 26 Oct 2017 07:04 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20854 |
Actions (login required)
View Item |