تطوير المواد التعليمية لمهارة الإستماع على أساس اللعبة اللغوية في مدرسة "الإسلام" الإبتدائية داجعان مديون

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iswati, Ririn (2017) تطوير المواد التعليمية لمهارة الإستماع على أساس اللعبة اللغوية في مدرسة "الإسلام" الإبتدائية داجعان مديون. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (737kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (815kB)

Abstract

Materi Pembelajaran merupakan hal penting dalam mendukung keberlangsungan pembelajaran dan dasar dari pembelajaran. Materi pembelajaran tersusun atas pengetahuan, kompetensi, serta alat untuk mengukur kompotensi dasar. Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk membantu guru dalam pembelajaran dan belajar. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini, peneliti menemukan kesalahan dalam bidang Istima’ dan tidak adanya materi yang sesuai dengan istima’ di Madrasah “Al Islam” Al Ibtidaiyah Dagangan Madiun. Peneliti juga menggunakan permainan bahasa untuk menhindari siswa tidak bosan.Untuk memudahkan siswa belajar maka peneliti berusaha mengembangkan materi ajar yang cocok dengan tingkatan dan keadaan siswa. Peneliti telah melakukan observasi terlebih dahulu sebelum pengembangan materi pembelajaran di Madrasah “Al Islam” Al Ibtidaiyah.Setelah mendapat data yang diperlukan, mulailah peneliti mendesain materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa.Mengukur efektifitas pengembangan materi ajar yang telah tersusun sehingga menjadi materi ajar yang efektif dan bermanfaat untuk siswa madrasah “Al Islam” al-Ibtidaiyah.
Peneliti menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol.Dalam pelaksanaannya rata-rata yang didapat kelas eksperimen adalah 76,8 dan kelas kontrol 70.3. peneliti menganalisis hasil dari test tersebut dengan menggunakan rumus One Sample T-Test. Dengan Hipotesis Ho: tidak ada perbedaan antara pre-test dan post-test, Ha: ada perbedaan antara pre-test dan pro-test. Dan hasil penghitungan rumus T-Test menunjukkan bahwa T-Hitung lebih besar daripada T-Tabel (6,689> 2,086), Maka terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Maka terdapat ektifitas desain pembelajaran dalam mengembangkan kompetensi mendengar dengan menggunakan permainan bahasa untuk Madrasah “Al Islam” Al Ibtidaiyah Dagangan Madiun

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iswati, Ririncholis.iswati@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keywords: Materi Pembelajaran Maharot Istima’, Permainan Bahasa
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Iswati Ririn
Date Deposited: 26 Oct 2017 07:04
Last Modified: 26 Oct 2017 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20854

Actions (login required)

View Item View Item