This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Minan, Ihdal (2017) Strategi dakwah kiai karismatik: studi sosok karismatik dan strategi dakwah Dr. K.H. Ahmad Imam Mawardi, MA dalam pengajian Tabena Ate di Desa Poreh Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep 2017. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (4MB) |
||
Text
Bab 1.pdf Download (2MB) |
||
Text
Bab 2.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Strategi dakwah adalah metode siasat, taktik atau manuver yang dipergunakan dalam aktivitas dakwah. Strategi dakwah yang dipergunakan dalam usaha dakwah harus memperhatikan beberapa hal, antara lain: 1) Azas filosofi, yaitu azas yang membicarakan tentang hal-hal yang erat hubungannya dengan tujuan yang hendak dicapai dalam proses dakwah; 2) Azas psikologi, yaitu azas yang membahas tentang masalah yang erat hubungannya dengan kejiwaan manusia. Seorang da’i adalah manusia, begitu juga sasaran atau objek dakwah yang memiliki karakter kejiwaan yang unik, sehingga ketika terdapat hal-hal yang masih asing pada diri mad’u tidak diasumsikan sebagai pemberontakan atau distorsi terhadap ajakan; 3) Azas sosiologi, yaitu azas yang membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan situasi dan kondisi sasaran dakwah. Karismatik adalah sifat dari seorang da’i, dimana sosok da’i yang karismatik lebih mudah dalam memberikan pengaruh terhadap mitra dakwahnya. Seperti yang terjadi dalam pengajian tambena ate juga demikian, para jama’ah pengajian tambena ate melihat Dr. K.H. Ahmad Imam Mawardi, MA adalah sosok da’i yang karismatik. Sehingga pesan dakwah yang disampaikan oleh beliau dianggap suatu hal yang sangat sakral dan berharga. Dalam penelitian ini selain faktor keturunan yang menunjang tumbuhnya sosok karismatik dalam diri beliau juga model, metode, dan strategi dakwah yang digunakan oleh beliau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang dapat menumbuhkan persepsi mitra dakwah terhadap sosok da’i karismatik. Penelitian ini menggunakan teori Karisma Komunikator dakwah sebagai pisau analisis delam mengkaji segala yang berkaitan dengan karisma yang terdapat dalam diri seorang da’i. Penelitian ini berhasil mengungkap temuan tentang sosok da’i karismatik tidak hanya karena faktor keturunan, tetapi ada juga faktor-faktor eksternal yang dapat menumbuhkan persepsi mitra dakwah terhadap sosok da’i karismatik, dengan memenuhi kualifikasi sebagai seorang da’i.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Dakwah > Dakwah, Komunikasi | ||||||
Keywords: | Strategi dakwah; karismatik | ||||||
Divisions: | Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam | ||||||
Depositing User: | Minan Ihdal | ||||||
Date Deposited: | 31 Oct 2017 09:18 | ||||||
Last Modified: | 31 Oct 2017 09:18 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20911 |
Actions (login required)
View Item |