Peningkatan kemampuan menghafal materi alat­-alat pencernaan kelas V dengan metode Role Playing di SD Pancasila 45 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chorinda, Nur Robiatul (2012) Peningkatan kemampuan menghafal materi alat­-alat pencernaan kelas V dengan metode Role Playing di SD Pancasila 45 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (745kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (799kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (990kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (111kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20923

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi salah satu cara yang bisa membuat pembelajaran tetap melekat dalam pikiran adalah dengan Role Playing (bermain peran). Prinsip belajar sambil berbuat (learning by doing) merupakan prinsip yang berdasarkan asumsi bahwa siswa dapat memperoleh lebih banyak pengalaman dengan cara keterlibatan secara aktif dan personal, dibandingkan dengan bila mereka hanya melihat materi/konsep. Salah satu upaya guna meningkatkan kemampuan menghafal siswa adalah memberikan metode Role Playing sebagai bentuk kegiatan pembelajaran materi Alat-alat Pencemaan di kelas. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan Sains Atmosphere di dalam kelas. Dalam Role Playing siswa di-setting pada situasi tertentu dan saling berinteraksi bersama teman-temannya dengan bermain peran alat-alat pencemaan. Dengan demikian sangat memungkinkan siswa untuk menghafal nama alat-alat pencemaan dan menyimpan di dalam otak. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kemampuan siswa kelas V SD Pancasila 45 Surabaya dalam menghafal alat-alat pencemaan, 2) Mendiskripsikan penggunaan metode Role Playing pada alat-alat pencemaan di kelas V SD Pancasila 45 Surabaya, 3) Mengukur terjadinya peningkatan kemampuan menghafal alat-alat pencemaan pada siswa kelas V SD Pancasila 45 Surabaya dengan menggunakan metode Role Playing. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method, yaitu sebuah desain metode yang prosedural untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mencampur data kuantitatif dan kualitatif dalam studi tunggal untuk memahami masalah penelitian. Penelitian ini dilaksanakan dengan model PTK yang diperkenalkan oleh Kemmis & Taggart. Satu siklus dalam PTK ini terdapat empat langkah pokok diantaranya: perencanaan, aksi atau tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan metode observasi (mengamati setiap kejadian yang sedang berlangsung dan merekamnya dengan alat observasi), wawancara, dokumentasi, dan tes (pree tes dan post tes) serta penilaian Performance. Dalam menganalisis data kualitatif, penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam menganalisis data kuantitatif, penulis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif yang menggunakan bantuan SPSS 16.0 for windows. Adapun hasil penelitian ini: pertama, sebelum diterapkan metode Role Playing sebagian besar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (K.KM) dalam materi alat-alat pencemaan. Rata-rata kelas hanya 49,23 dengan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 19,23%. Kedua, penerapan metode Role Playing telah dijalankan dengan baik. Setiap langkah dari metode Role Playing telah dijalankan dengan baik, baik pada siklus I maupun siklus II. Ketiga, terjadi peningkatan kemampuan menghafal siswa kelas V SD Pancasila 45 Surabaya pada materi alat-alat pencemaan mata pelajaran IPA setelah diterapkan metode Role Playing dengan kategori peningkatan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil post tes dan penilaian Performance pada siklus I diperoleh rata-rata skor penilaian Performance sebesar 7,4 dan rata-rata post tes 59,61. Sedangkan pada siklus II rata-rata skor penilaian Performance sebesar 10,2 dan rata-rata post tes sebesar 75,57 dengan tingkat ketuntasan belajar 57,69% pada siklus I dan 92,3% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chorinda, Nur Robiatul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Menghafal materi; alat­ pencernaan; metode Role Playing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2017 07:31
Last Modified: 01 Nov 2018 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20923

Actions (login required)

View Item View Item