This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Utami, Sri Farida (2017) Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli account followers Instagram. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (836kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (545kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Download (895kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (534kB) | Preview |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (445kB) |
Abstract
Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan dilihat dari objeknya, dengan judul “Tinjauan Hukum Islam terhadap Jual Beli account followers Instagram” Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana praktik jual beli account follower di sosial media Instagram? 2)Bagaimana kesesuaian jual beli account follower Instagram dengan tinjauan Hukum Islam?. Penelitian ini merupakan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melaui observasi dan interview terhadap penjual dan pembeli account followers Instagram yang kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif analitik, dengan ketentuan hukum islam. Sedangkan pola pikirnya menggunakan pola pikir deduktif. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dalam praktik jual beli account followers tidak sesuai menurut rukun dan syarat ma’qud ‘alaih, yaitu harus jelas barangnya, jenis, suci, bermanfaat, dapat diserahkan, dan diketahui oleh kedua pihak. Dalam objek jual beli yaitu account Instagram menggunakan followers ada perbedaan jumlah followers dari kesepakatan awal yang kadar dan kualitas objek ada ketidaksinkronan dan percampuran kualitas objek jual beli. Dalam, tinjauan hukum islam praktik jual beli ini tidak diperbolehkan karena adanya unsur gharar. Hal tersebut merugikan pihak pembeli, dalam transaksinya menjadi fasid.
Untuk saran bagi pembeli agar lebih berhati-hati dalam melakukan praktik jual beli yang demikian, dan terlebih dulu melihat followers dari objek yang dibeli untuk mengetahui real tidaknya suatu followers. Untuk penjual agar tidak fokus pada keuntungan materi dan lebih transparan trehadap kualitas, dan jumlah dari objek barang yang dijualnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Hukum Islam > Jual Beli | ||||||
Keywords: | Hukum Islam; Instagram; Jual beli | ||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah | ||||||
Depositing User: | Utami Sri farida | ||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2017 03:19 | ||||||
Last Modified: | 10 Nov 2017 03:19 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21132 |
Actions (login required)
View Item |