This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Alawiyah, Tsuroyya (2012) Metode pembelajaran PAI wajib belajar pendidikan dasar (wajar dikdas) di pondok pesantren salafiyah tingkat wustho Darut Ta'lim Kenjeran Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Tsuroyya Alawiyah_D01207205.pdf Download (11MB) |
Abstract
Manusia akan dapat menjadi manusia hanya lewat pendidikan, sehingga pendidikanlah yang akan membentuk manusia di masa akan datang. Pendidikan sendiri bermakna luas, ada pendidikan formal, dan pendidikan non formal, yang dimaksud disini adalah pendidikan formal, yaitu pendidikan umum, pendidikan yang telah menetapkan materi ajarnya dengan baku dalam suatu kurikulum yang telah disesuaikan dengan kebutuhan anak didik. Di Indonesia peraturan menteri menetapkan wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun, yakni minimal pendidikan bagi warga Negara Indonesia, yaitu telah menempuh 9 tahun masa pendidikan formal, 6 tahun pada SD atau setara SD, dan 3 tahun pada SMP atau setara SMP. Berdasarkan latar belakang masalah di atas peneliti menemukan suatu permasalahan yang menjadi fokus masalah dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimana pendidikan Wajar Dikdas di PPS. tingkat Wustho Darut Ta'lim Kenjeran Surabaya? Dan Bagaimana penerapan metode pembelajaran PAI Wajar Dikdas di PPS. tingkat Wustho Darut Ta'lim Kenjeran Surabaya? Permasalahan ini dikaji melalui pendekatan teoritis dan empiris. Penelitian mengenai metode pembelajaran ini juga menggunakan jenis penelitian lapangan <field research). Oleh karena itu sesuai dengan judul di atas, peneliti menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Dari hasil paparan data dan analisis data, dihasilkan bahwa Pendidikan PPS. Tingkat Wustho Darut Ta'lim Kenjeran Surabaya hampir sama dengan pendidikan formal sederajat lainnya dilihat dari teknisnya yaitu metode ataupun sistem pembelajaran yang digunakan. Bagaimanapun karena PPS. Tingkat Wustho Darut Ta'lim Kenjeran Surabaya adalah Program Wajar Dikdas paket B maka tentu tetap ada perbedaan dengan pendidikan di MTs pada umumnya. Dan hasil berikutnya adalah berbagai macam metode pembelajaran yang ada dengan kelebihan dan kelemahannya sudah diterapkan di PPS. Tingkat Wustho Darut Ta'lim Kenjeran Surabaya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pesantren Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Metode pembelajaran; pondok pesantren salafiyah; wajib belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2017 04:57 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2017 04:57 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21570 |
Actions (login required)
View Item |