This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hamidah, Binti Nur (2010) Peningkatan kinerja guru melalui implementasi supervisi klinis di Madrasah Tsanawiyah al-Fattah Semen Gandusari Blitar. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Binti Nur Hamidah_D33206017.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji Peningkatan Kinerja Guru Melalui Implementasi Supervisi Klinis di Madrasah Tsanawiyah Al-Fattah Semen Gandusari Blitar dengan beberapa rumusan masalah yaitu; (1) bagaimana perencanaan peningkatan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Fattah Semen Gandusari Blitar, (2) bagaimana proses pelaksanaan kinerja guru melalui supervisi klinis di Madrasah Tsanawiyah Al-Fattah Semen Gandusari Blitar dan (3) bagaimana peningkatan kinerja guru melalui supervisi klinis di Madrasah Tsanawiyah Al-Fattah Semen Gandusari Blitar? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa dengan langkah-langkah reduksi data, display data, verifikasi dan simpulan agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan peningkatan kinerja guru di MTs Al-Fattah Semen Gandusari Blitar telah dipersiapkan kompetensi-kompetensi personal guru, yaitu; kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Dan i keempat kompetensi tersebut penilaiannya di lakukan dengan cara melakukan kegiatan harian, mingguan, bulanan dan semester yang di lakukan oleh kepala sekolah selaku supervisor. Proses pelaksanaan kinerja guru melalui supervisi klinis di MTs. Al-Fattah Semen Gandusari Blitar meliputi; waktu pelaksanaan dan metode atau teknik penerapan supervisi klinis. Waktu pelaksanaan supervisi klinis untuk kinerja guru dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kinerja guru dalam proses tanggung jawabnya sebagai seorang pendidik. Sedangkan metodenya melalui 7 tahapan supervisi klinis, antara lain; meletakkan hubungan yang baik supervisor dengan guru, merencanakan waktu proses pelaksanaan supervisi, merencanakan kegiatan observasi pengajaran guru, pelaksanaan observasi pengajaran di dalam kelas, menganalisa data hasil observasi kelas, merencanakan percakapan berkaitan dengan kinerja guru dan memperbaiki rencana yang berkaitan dengan kinerja guru. Untulc lebih jelasnya langkah-langkah dalam proses supervisi klinis melalui; tahapan pertemuan awal, tahap observasi dan pengamatan, tahap evaluasi, analisis dan pertemuan balikan. Peningkatan kinerja guru melalui supervisi klinis di MTs. Al-Fattah Semen Gandusari Blitar dilakukan dengan penilaian kinerja guru, yaitu dengan cara supervisi kelas dan supervisi klinis dengan teknik observasi kelas. Kemudian dapat diketahui secara rinci bahwa peningkatan kinerja guru dapat dilakukan dengan melalui implementasi supervisi klinis secara sistematis.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Kinerja; guru; supervise klinis | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2017 04:20 | ||||||
Last Modified: | 11 Dec 2017 04:20 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21602 |
Actions (login required)
View Item |