This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rachmawati, Rosyida (2012) Peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Khoirul Huda Sedati Sidoarjo melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Rosyida Rachmawati_D07208032.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Strategi pengajaran membaca berkembang cukup pesat, meskipun strategi maupun teknik tradisional masih sering digunakan oleh sebagian besar para pengajar. Akibatnya, kreatifitas siswa dalam membaca sangat dibatasi. Mereka kurang mendapat peluang yang cukup secara kreatif dan kritis memanfaatkan pengetahuannya, pengalamannya, kemampuan intelektualnya, dan strategi kognitifnya untuk menafsirkan dan merekonstruksi makna bacaan yang dibacanya. Menanggapi hal tersebut, maka dengan penerapan strategi DRTA, diharapkan siswa kelas III A di MI Khoiral Huda Sedati Sidoarjo menjadi pernbaca -yang metakog,nitif. Permasalahan yang dikaji pada penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Bagaimana keterampilan membaca pemahaman dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III A di MI Khoirul Huda Sedati Sidoarjo? (2) Bagaiamana penerapan strategi DRTA dilakukan pada siswa kelas III A di MI Khoirul Huda Sedati Sidoarjo? (3) Bagaimana peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi DRTA pada siswa kelas III A di MI Khoirul Huda Sedati Sidoarjo?. Tujuan dan i penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan proses keterampilan membaca pemahaman dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III A di MI Khoirul Huda Sedati Sidoarjo. (2) Mendeskripsikan cara penerapan strategi DRTA dilakukan pada siswa kelas III A di MI Khoirul Huda Sedati Sidoarjo. (3) Mendeskripsikan peningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi DRTA pada siswa kelas III A di MI Khoirul Huda Sedati Sidoarjo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif Hasil belajar siswa meningkat pada tiap siklusnya, yaitu pada siklus I mencapi 52,2% berada dalam kategori cukup baik dan meningkat pada siklus II dengan prosentase 95,7% berada dalam kategori sangat baik. Jadi, pada siklus II dapat dikatakan bahwa katuntasan prestasi belajar siswa secara klasikal telah tercapai.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bahasa Indonesia Keterampilan Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan > Pendidikan Materi |
||||||
Keywords: | Kertrampilan membaca; bahasa Indonesia; Directed Reading Thinking Activity (DRTA) | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 08 Jan 2018 07:30 | ||||||
Last Modified: | 08 Jan 2018 07:31 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21862 |
Actions (login required)
View Item |