Pengembangan Soal Matematika model Pisa untuk mengukur kemampuan komunikasi Matematis siswa Sekolah Menengah Pertama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cholidah, Ayu Evita Laily (2015) Pengembangan Soal Matematika model Pisa untuk mengukur kemampuan komunikasi Matematis siswa Sekolah Menengah Pertama. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) menghasilkan: a) soal matematika model PISA yang valid untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama, b) soal matematika yang reliabel untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama; 2) mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN 1 Bungah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (develpoment research) dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII A dan VII B SMPN 1 Bungah. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahapan penelitian, yakni preliminary dan formative evaluaition (yang meliputi self evaluation dan prototyping). Untuk menjamin keabsahan instrumen yang dikembangkan maka dilakukan uji validitas secara konten, konstruk, dan bahasa. Selain itu, dilakukan pula uji reliabilitas untuk menjamin keajegan instrumen. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa; 1) penelitian ini telah menghasilkan suatu produk soal matematika model PISA untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa SMP yang valid dan reliabel; 2) prototipe soal matematika model PISA yang dikembangkan mampu mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa SMP, hal ini terlihat dari skor rata-rata siswa yang mencapai 34,24 dari skor maksimal 39 (termasuk kategori kemampuan komunikasi matematis sangat baik) pada indikator komunikasi matematis, yaitu menghubungkan benda nyata, gambar, atau diagram ke dalam ide matematika; menjelaskan ide, situasi, atau relasi matematika dengan benda nyata, gambar, atau diagram; kemampuan dalam menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi, atau simbol matematika dan strukturstrukturnya untuk menyajikan ide-ide; menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap solusi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cholidah, Ayu Evita Laily--UNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Pengembangan PISA; Komunikasi Matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 274 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2015 04:16
Last Modified: 02 Apr 2019 06:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2193

Actions (login required)

View Item View Item