HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI AKADEMIK DAN PERANAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusdiana, Masita Putri (2014) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI AKADEMIK DAN PERANAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri akademik dan peranan kelompok teman sebaya dengan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala motivasi belajar yang terdiri dari 22 aitem, skala konsep diri akademik yang terdiri dari 23 aitem dan skala peranan kelompok teman sebaya yang terdiri dari 30 aitem. Subyek penelitian berjumlah 46 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling. Pengujian hipotesis menggunakan teknik statistik regresi linier ganda dengan bantuan program SPSS. Hasil dari penelitian ini diketahui koefisien korelasi antara variabel konsep diri akademik dengan motivasi belajar sebesar 0.530 dengan nilai signifikansi 0.000, koefisien korelasi antara variabel peranan kelompok teman sebaya dengan motivasi belajar 0.247 dengan nilai signifikansi 0.049, dan koefisien korelasi antara variabel konsep diri akademik dengan peranan kelompok teman sebaya 0.508 dengan nilai signifikansi 0.000. Nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka menujukkan bahwa ada hubungan antara konsep diri akademik dan peranan kelompok teman sebaya dengan motivasi belajar. Selain itu juga diketahui bahwa konsep diri akademik dan peranan kelompok teman sebaya memiliki hubungan positif dengan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin positif konsep diri akademik dan peranan kelompok teman sebaya maka semakin tinggi motivasi belajar, begitu sebaliknya semakin negatif konsep diri akademik dan peranan kelompok teman sebaya, maka semakin rendah pula motivasi belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Siti Azizah Rahayu
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusdiana, Masita PutriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Psikologi
Keywords: Peranan Kelompok Teman Sebaya; Motivasi Belajar; Konsep Diri
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2015 02:10
Last Modified: 05 Feb 2015 09:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item View Item