This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Saidiyah, Syarifatus (2017) إعداد مواد تعليم اللغة العربية بمدخل البراجماتية لتنمية مهارة الكلام لطالبات الجامعة المستوى الثاني بمعهد " نور الفلاح " سورابايا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Syarifatus Saidiyah_F02615146.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pengajaran bahasa Arab membutuhkan perhatian penuh baik di sekolah Dasar hingga perguruan tinggi. Adapun Bagian dari keterampilan bahasa yang diajarkan adalah keterampilan berbicara (kalam) yang dibutuhkan orang untuk berkomunikasi dengan yang lain. Banyak diantara sekolahan yang tidak mengajarkannya dengan perhatian yang maksimal, dan peneliti mendapati hal yang serupa di pondok pesantren Nurul Falah Surabaya. Dari hasil pengamatan peneliti mengetahui bahwasannya Mahasiswi membutuhkan buku khusus untuk pembelajaran keterampilan kalam maka peneliti menggunakan pendekatan pragmatik agar siswa lebih mudah memahami kontek pembicaraan penutur melalui penyusunan materi ajar yang penuh dengan gambar dan warna tanpa meninggalkan isi penting dari materi untuk mengembangkan keterampilan berbicara siswa. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalaha :1), bagaimana penyajian materi ajar dengan pendekatan pragmatik untuk mengembangkan keterampilan berbicara mahasiswi di pondok Nurul Falah Surabaya 2) bagaimana penerapan materi ajar dengan pendekatan pragmatik untuk mengembangkan keterampilan berbicara mahasiswi di pondok Nurul Falah Surabaya dan,3) sejauh mana efektifitas materi ajar yang dikembangkan dalam meningkatkan kompetensi berbicara mahasiswi di pondok Nurul Falah Surabaya Surabaya. Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dengan jumlah 25 Mahasiswi semester 2. Hasil penelitian ini menghasilkan sebuah buku materi ajar keterampilan berbicara mahasiswi di pondok Nurul Falah Surabaya yang sudah mendapat penilaian kelayakan oleh para pakar. Buku ajar yang dikembangkan efektif dan membantu pelajar untuk meningkatkan keterampilan berbicara dibuktikan dengan rata-rata nilai pre-test 69 dan hasil rata-rata post-test 77. Menurut perhitungan t-test hasil yang didapat adalah 6,15 lebih besar dari nilai t-tabel 2,045, ini menunjukan adanya perbedaan sebelum dan sesudah dilakukan penelitian.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pesantren Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||
Keywords: | Penyusunan materi ajar; pendekatan Pragmatik, Materi Ajar; keterampilan berbicara | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Saidiyah Syarifatus | ||||||
Date Deposited: | 07 Mar 2018 09:02 | ||||||
Last Modified: | 07 Mar 2018 09:02 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22108 |
Actions (login required)
View Item |