PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERPADU TIPE WEBBED PADA SUBBAB TRIGONOMETRI DAN PERHITUNGAN AWAL WAKTU SHALAT DI MAU DARUL ULUM JOMBANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

INAYAH, SIROTUL (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERPADU TIPE WEBBED PADA SUBBAB TRIGONOMETRI DAN PERHITUNGAN AWAL WAKTU SHALAT DI MAU DARUL ULUM JOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (493kB) | Preview

Abstract

Madrasah merupakan sekolah umum yang berciri khaskan agama
Islam. Dalam perkembangannya, madrasah memiliki tujuan
menghasilkan manusia muslim yang menghayati dan mengamalkan
ajaran agama. Tujuan pembelajaran di madrasah juga untuk menjadikan semua mata pelajaran sebagai wahana untuk meningkatkan keberhasilan pendidikan agama, artinya dengan melalui pelajaran sains, ilmu-ilmu sosial, matematika dan sebagainya dilaksanakan secara bersamaan dengan dijiwai pendidikan agama. Tapi dalam kenyataannya, Pembelajaran di MAU Darul Ulum pelajaran sains (matematika), dan pelajaran agama diajarkan secara terpisah. Salah satu alternatif untuk
menanggulangi hal tersebut adalah penggunaan model pembelajaran terpadu. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran terpadu pada pelajaran matematika dan ilmu falak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model ini mengacu pada pengembangan R&D yang dikembangkan oleh sugiyono dan sukmadinata, yang telah dilakukan modifikasi sampai 3 tahap, yaitu: (1) studi pendahuluan : studi lapangan. (2) Perancangan Produk:
perancangan instrumen, perancangan perangkat/draf awal RPP dan LKS. (3) validasi dan uji coba terbatas. Pembelajaran yang dikembangkan meliputi perangkat pembelajaran yaitu RPP dan LKS. Uji coba dilakukan pada siswa kelas XI IPA MAU Darul Ulum Jombang. Data hasil penelitian dianalisis dan diperoleh sebagai berikut: RPP dinyatakan sangat layak ditinjau dari construk validity dengan rata-rata
penilaian 86.8%%. LKS dinyatakan sangat layak ditinjau dari construk validity dengan rata-rata penilaian 82%. RPP dinyatakan sangat layak ditinjau dari content validity dengan rata-rata penilaian 89%. LKS dinyatakan sangat layak ditinjau dari content validity dengan rata-rata penilaian 87,5%, dan tes hasil belajar siswa tergolong tuntas karena
sudah memenuhi kriteria ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 80,48%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ahmad Lubab,M.Si.
Creators:
CreatorsEmailNIM
INAYAH, SIROTULUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Salat
Keywords: webbed; Trigonometri;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 274 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2015 05:04
Last Modified: 19 Aug 2015 05:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2218

Actions (login required)

View Item View Item