This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ikrima, Ikrima (2018) Peningkatan hasil belajar dan kecerdasan intrapersonal melalui strategi Course Review Horay pada pembelajaran IPA materi ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas III MI Mazra'atul Ulum 01 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Ikrima _ D97214107.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena proses pembelajaran sangat membosankan dan siswa cenderung malas belajar. Hasil belajar siswa sebelumnya hanya 13% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Pembelajaran selama ini menggunakan metode ceramah sehingga perlu diterapkan strategi course review horay. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan strategi course review horayterhadap kecerdasan intrapersonal proses pembelajaran IPA materi ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas III MI Mazra’atul Ulum 01 Lamongan? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPA materi ciri-ciri makhluk hidup dengan menggunakan strategi course review horay pada siswa kelas III MI Mazra’atul Ulum 01 Lamongan? (3) Bagaimana peningkatan kecerdasan intrapersonal (percaya diri dan mandiri) dalam pembelajaran IPA materi ciri-ciri makhluk hidup dengan menggunakan strategi course review horay pada siswa kelas III MI Mazra’atul Ulum 01 Lamongan? Penelitianinidilakukan di MI Mazra’atulUlum 01 Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindaan kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, angket, lembar kerja dan dokumentasi. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan SPSS untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan kecerdasan intrapersonal siswa pada masing-masing siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi course review horay berjalan baik karena dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada prasiklus aktivitas guru memiliki persentase 58% (kurang), siklus 1 memiliki persentase 71% (baik), dan siklus 2 memiliki persentase73% (baik). Pada prasiklus aktivitas siswa memiliki persentase 42% (kurang), siklus 1 memiliki persentase 58% (kurang), dan siklus 2 memiliki persentase 83% (baik).(2) Data hasil belajar siswa pada prasiklus memiliki persentase 13% dengan rata-rata 48,8 (kurang), siklus 1 memperoleh persentase 94% dengan rata-rata 78,2 (baik) dan siklus 2 memperoleh persentase 94% dengan rata-rata 78,6 (baik). (3) Kecerdasan intrapersonal pada prasiklus memiliki persentase 40%, siklus 1 memiliki persentase 88%, dan siklus 2 memiliki persentase 96%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||
Keywords: | Hasil belajar; kecerdasan intrapersonal; strategi Course Review Horay | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Ikrima Ikrima | ||||||
Date Deposited: | 05 Feb 2018 06:41 | ||||||
Last Modified: | 05 Feb 2018 06:41 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22192 |
Actions (login required)
View Item |