This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Istikomah, Nurul (2018) Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model kooperatif tipe think pair share pada materi sumpah pemuda mata pelajaran PKN siswa kelas III MI Kyai Tambak Deres Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Nurul Istikomah_D27213326.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penulisan ini berdasarkan hasil observasi dengan guru mata pelajaran PKn sekaligus wali kelas III, kurangnya variasi dalam model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar serta kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran PKn yang dapat dikategorikan kurang. Proses belajar yang masih lemah dan terperangkap dalam proses menghafal, hanya menyentuh kemampuan berpikir tingkat rendah. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penggunaan model Kooperatif tipe Think Pair Share. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share pada materi sumpah pemuda mata pelajaran PKn dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III MI Kyai Tambak Deres Surabaya? 2) Bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III MI Kyai Tambak Deres Surabaya pada materi sumpah pemuda mata pelajaran PKn melalui model kooperatif tipe Think Pair Share?. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin yang tiap siklusnya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Tes menggunakan penilaian penugasan dan tes tulis, observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara menggunakan format panduan wawancara guru dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share pada materi sumpah pemuda mata pelajaran PKn siswa kelas III dapat dilihat dari nilai aktivitas guru dan aktifitas siswa. Pada siklus I aktivitas guru mendapat nilai 78,125 (cukup) dan meningkat pada siklus II dengan nilai 93,75 (sangat baik). Untuk aktivitas siswa pada siklus I mendapat nilai 78,57 (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 91,07 (sangat baik). 2) Adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III. Prosentase ketuntasan kemampuan berpikir kritis pada pra siklus yaitu 26%, meningkat menjadi 56,52% (cukup) pada siklus I, kemudian meningkat lagi 78% (Baik) pada siklus II. Sedangkan untuk nilai rata-rata kelas pada pra siklus yaitu 62,8 meningkat menjadi 66,43 pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 77,69 pada siklus II.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendekatan Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Berpikir kritis; Kooperatif, Think Pair Share | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Istikomah Nurul | ||||||
Date Deposited: | 09 Feb 2018 03:19 | ||||||
Last Modified: | 09 Feb 2018 03:23 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22461 |
Actions (login required)
View Item |