Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model discovery learning (DL) berbasis etnomatematika petani tembakau di Desa Konang Galis Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatori, Ach (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model discovery learning (DL) berbasis etnomatematika petani tembakau di Desa Konang Galis Pamekasan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
ACH FATORI_D24212091.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Plomp. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk etnomatematika pada aktivitas petani tembakau, mengembangkan perangkat pembelajaran model discovery learning berbasis etnomatematika petani tembakau. Perangkat yang dikembangkan pada penelitian ini meliputi RPP dan LKS.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, validasi, observasi, dan angket. Wawancara dilakukan kepada petani tembakau untuk mendapatkan data bentuk matematika yang digunakan oleh petani tembakau. Validasi digunakan untuk mendapatkan data kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Observasi dan angket digunakan untuk mendapatkan data keefektifan perangkat pembelajaran yang meliputi, aktivitas siswa, keterlaksanaan sintaks, dan respon siswa. Uji coba dilakukan pada 21 siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Galis.Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: ditemukan bentuk etnomatematika pada aktivitas petani tembakau diantaranya, model matematika dalam bentuk fungsi linier, perbandingan, konversi satuan, barisan aritmatika, operasi hitung, dan aritmatika sosial. Kevalidan rencana pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,99 berada dalam kategori valid, sedangkan kevalidan lembar kerja siswa sebesar 3,97 berada dalam kategori valid. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata penilaian “B” yang berarti dapat digunakan dengan sedikit revisi. Pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan prosentase aktivitas siswa yang mendukung pembelajaran lebih besar daripada prosentase yang tidak mendukung pembelajaran. keterlaksanaan sintaks pembelajaran sebesar 95,2% pada pertemuan pertama dan 94,7% pada pertemuan kedua. Respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran sebesar 87,4%;

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatori, Achfatoriach@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Adat
Budaya
Keywords: Pembelajaran model discovery learning; etnomatematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fatori Ach
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:50
Last Modified: 09 Feb 2018 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22556

Actions (login required)

View Item View Item