This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rani, Siti Rohmatika (2018) Penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa materi perubahan sifat benda kelas III MI H. Achmad Ali Benowo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Siti Rohmatika Rani_D07214020.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berawal dari rendahnya keterampilan proses sains siswa materi perubahan sifat benda di MI H. Achmad Ali Benowo Surabaya. Siswa saat proses pembelajaran bersifat pasif. Guru hanya menggunakan metode ceramah saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Metode inkuiri dapat mempermudah siswa dalam merumuskan hipotesis, merencanakan percobaan, melakukan percobaan, menganalisis, dan berkomunikasi dari hasil percobaannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) mengetahui penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa materi perubahan sifat benda kelas III MI. H. Achmad Ali Benowo Surabaya. 2) mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa materi perubahan sifat benda kelas III MI. H. Achmad Ali Benowo Surabaya dengan menggunakan metode inkuiri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya terdapat 4 tahapan. Penelitian dilakukan di MI H. Achmad Ali Benowo Surabaya pada kelas III dengan siswa sebanyak 37 siswa. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, tes, penilaian kinerja, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas guru dengan skor perolehan 97,36 (sangat tinggi) pada siklus I meningkat 98,68 (sangat tinggi)pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari siklus I mendapat 96,15 (sangat tinggi) ke siklus II sebesar 98,07 (sangat tinggi). 2) peningkatan keterampilan proses sains siswa materi perubahan sifat benda mendapat rata-rata 36,08 (sangat kurang) presentase 0% siswa yang tuntas pada pra siklus, rata-rata 46,64 (sangat kurang) dengan presentase 0% siswa yang tuntas pada siklus I, meningkat dengan hasil rata-rata 88,86 (baik) dengan presentase 89,18% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan metode inkuiri menghasilkan perubahan ke arah yang lebih baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Keterampilan Metode Pembelajaran Pendidikan |
||||||
Keywords: | keterampilan proses sains; metode inkuiri | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Rani Siti Rohmatika | ||||||
Date Deposited: | 12 Feb 2018 04:41 | ||||||
Last Modified: | 12 Feb 2018 04:41 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22644 |
Actions (login required)
View Item |