ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN GURU MATEMATIKA DI SEKOLAH NAUNGAN MA’ARIF SURABAYA DALAM KONTEKS KURIKULUM 2013

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Santoso, Kuncahyaning Fitria (2015) ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN GURU MATEMATIKA DI SEKOLAH NAUNGAN MA’ARIF SURABAYA DALAM KONTEKS KURIKULUM 2013. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas analisis pelaksanaan penilaian yang dilakukan guru Matematika di Sekolah naungan Ma’arif Surabaya dalam konteks Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan sejauh mana penilaian yang dilakukan oleh guru matematika di sekolah naungan Ma’arif Surabaya telah sesuai dengan standar penilaian kurikulum 2013 dan mengidentifikasi adakah kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan sistem penilaian tersebut.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan format penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang ditempuh dalam pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Maryam Surabaya, SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya dan SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya.. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah dengan menggunakan dokumentasi, observasi serta wawancara untuk guru. Teknik analisis data untuk pendekatan kualitatif menggunakan analisis deskriptif. Sedangkan untuk pendekatan kuantitatif menggunakan analisis deskriptif kuantitatif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan standar penilaian untuk SMA naungan Ma’arif Surabaya sudah berjalan dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari hasil analisis data penelitian yang menunjukkan bahwa: 1) tingkat pemahaman guru matematika dalam memahami penilaian kurikulum 2013 tergolong baik, 2) kelengkapan dokumen yang dibuat, cukup baiknya instrumen penilaian yang dibuat, 3) hasil persentase skor rata-rata keterlaksanaan penilaian dalam konteks kurikulum 2013 menunjukan skor 64,3%, artinya keterlaksanaan penilaian yang dilakukan guru matematika di sekolah naungan Ma’arif Surabaya masuk dalam kategori baik, 4) hasil persentase skor rata-rata keterlaksanaan pelaporan hasil belajar peserta didik menunjukan skor 72,5%, artinya keterlaksanaan pelaporan hasil belajar peserta didik yang dilakukan guru matematika di sekolah naungan Ma’arif Surabaya masuk dalam kategori baik. Meskipun demikian masih ada kendala yang dialami yaitu waktu, menyesuaikan tingkat kesukaran soal dengan kemampuan siswa, penentuan teknik penilaian yang tepat sesuai dengan indikator, keberagaman kompetensi peserta didik dalam mencapai indikator, kurang tersedianya sarana dan prasarana yang lengkap seperti komputer, print, fotocopy maupun internet

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Kusaeri
Creators:
CreatorsEmailNIM
Santoso, Kuncahyaning FitriaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Matematika
Keywords: Kurikulum 2013; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Sep 2015 02:34
Last Modified: 29 Sep 2015 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2309

Actions (login required)

View Item View Item