This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Iffah, Fauziatul (2018) Pengaruh program "Pelopor Karakter" dalam mengembangkan karakter sosial siswa di SMP Negeri 3 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Fauziatul Iffah_D91214107.pdf Download (22MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan dasar manusia untuk menjalani kehidupannya. Lewat pendidikan manusia dapat hidup bermasyarakat. Dewasa ini kurangnya pendidikan menjadikan moral bangsa menjadi buruk. Sehingga dengan ini pemerintah membuat peraturan tentang penguatan pendidikan karakter, dimana melalui pendidikan karakter moral bangsa diharapkan dapat diperbaiki. Salah satu implementasi dari penguatan pendidikan karakter adalah dengan membuat program atau kegiatan sekolah yang menunjang penguatan karakter pada siswa. Penelitian ini mengangkat tema tentang kegiatan dari bentuk implementasi penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh program sekolah dalam hal ini “Pelopor Karakter” dalam mengembangkan karakter sosial siswa di SMP Negeri 3 Surabaya. Aspek-aspek yang menjadi fokus adalah: 1) bagaimana pelaksanaan program “Pelopor Karakter” di SMP Negeri 3 Surabaya, 2) bagaimana karakter sosial siswa di SMP Negeri 3 Surabaya, 3) bagaimana pengaruh program “Pelopor Karakter” dalam mengembangkan karakter sosial siswa di SMP Negeri 3 Surabaya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data yang dilaksanakan dengan cara (1) wawancara, (2) Obeservasi, (3) Angket atau kuesioner (4) Dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara (1) Reduksi data, (2) Penyajian Data, (3) Analisis Data (4) Kesimpulan/Verifikasi. Hasil dari penelitian ini: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan program “Pelopor Karakter” dengan pengembangan karakter social siswa di SMP Negeri 3 Surabaya. (2) Terdapat 52% variabel karakter social siswa dipengaruhi oleh program “Pelopor Karakter”, sisanya sebesar 48% oleh variabel lainnya. (3) Berdasarkan besarnya prosentase pengaruh program “Pelopor Karakter” dalam mengembangkan karakter social siswa menandakan bahwa pelaksanaan program “Pelopor Karakter” cukup kuat untuk mengukur perkembangan karakter sosial siswa di SMP Negeri 3 Surabaya. Sisanya dapat didukung oleh faktor lain-lain seperti lingkungan keluarga, masyarakat, pergaulan, dan lain sebagainya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan - Karakter | ||||||
Keywords: | Pelopor karakter; karakter sosial; SMP Negeri 3 Surabaya | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Iffah Fauziatul | ||||||
Date Deposited: | 14 Feb 2018 07:48 | ||||||
Last Modified: | 14 Feb 2018 07:48 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23097 |
Actions (login required)
View Item |