PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA DI SMP NEGERI 13 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilaika, Lailatul (2015) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA DI SMP NEGERI 13 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Setiap orang memiliki hak untuk mendapatkan ilmu dan menerima pendidikan yang layak, termasuk juga anak tunagrahita. Sebagai makhluk sosial individu memenuhi tuntutannya secara alamiah yang diwujudkan dalam perilaku sosial. Anak tunagrahita tidak bisa berperilaku sosial yang baik di masyarakat, hal ini karena mereka memiliki hambatan dalam berperilaku adaptif. Sekolah adalah salah satu lembaga yang dapat merubah perilaku sosial anak dan mengembangkan potensinya. Dalam proses belajar disekolah ini guru mempunyai tanggung jawab dan berperan penting dalam merubah perilaku anak didik dan membentuknya menjadi insan kamil. Melihat pentingnya peranan guru yang ikut serta dalam merubah perilaku sosial peserta didik untuk menjadi sesorang yang insan kamil dan bisa diterima di masyarakat, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: 1. Bagaimana perilaku sosial anak tunagrahita di SMP Negeri 13 Surabaya? 2. Bagaimana langkah-langkah guru PAI dalam merubah perilaku sosial anak tunagrahita di SMP Negeri 13 Surabaya? 3. Bagaimana peran guru PAI dalam merubah perilaku sosial anak tunagrahita di SMP Negeri 13 Surabaya? 4. Apa faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam merubah perilaku sosial anak tunagrahita di SMP Negeri 13 Surabaya?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif karena dalam penelitian ini termasuk penelitian lapangan atau field research dan data primernya menggunakan data yang bersifat verbal yaitu berupa deskriptif yang diperoleh dari lapangan. Oleh karena itu, penulis akan menempuh tiga langkah utama dalam penelitian ini, yaitu: 1. Reduksi Data, 2. Penyajian Data, 3. Verifikasi dan simpulan Data.
Ditemukan bahwa perilaku yang ditampilkan anak tunagrahita berbeda-beda, agresif, pemalu, tidak bisa diam, suka mengganggu, peminder. Hal ini karena dipengaruhi dari dalam dirinya dan karakteristik individu masing-masing. Untuk merubah perilaku anak langkah-langkah yang dilakukan guru PAI merancang program bimbingan, membuat program bimbingan, menyiapkan sarana-prasarana dan sampai melakukan tahap-tahap yang sudah direncanakan. Guru PAI berperan sangat luas untuk merubah perilaku anak tunagrahita yaitu berperan sebagai pengajar, pembimbing, pengelola kelas, perencana, motivator dan evaluator. Dalam keberhasilan pembelajarannya tidak lepas dari faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung untuk guru PAI adalah guru dan sarana-prasarana. Untuk kendala yang dihadapi berasal dari dalam diri anak didik itu sendiri yaitu konsentrasi atau mood, lamban belajar, evaluasi, dan lingkungan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Achmad Muhibin Zuhri
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilaika, LailatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Perilaku Sosial Anak Tunagrahita; Peranan Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Sep 2015 02:42
Last Modified: 29 Sep 2015 02:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2310

Actions (login required)

View Item View Item