This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Qiptiyah, Maryatul (2018) فعالية استراتيجية التعليم القائم على المشاريع لترقية كفاءة مهارة الكتابة لطلبة الصف الثامن بمدرسة التحريرية المتوسطة الإسلامية بنجلان مادورا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Maryatul Qiptiyah_D02213006.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Dalam mempelajari Bahasa arab diperlukan media pembelajaran, metode dan strategi untuk mempermudah proses belajar mengajar dan bisa mencapai tujuan belajar. Namun, dalam kenyataannya penggunaan metode ataupun strategi pembelajaran masih sangat kurang khususnya dalam mempelajari maharah kitabah. Sebagian besar siswa berfikir bahwa kitabah adalah maharah yang sulit dan mereka susah dalam mengungkapkan pikirannya disebabkan kurangnya mufrodat dan kurangnya pemahaman dalam menyusun kalimat bahasa arab yang benar. Oleh karena itu, peneliti ingin menggunakan strategi Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII-B Madrasah Tsanawiyah At-Tahririyah Bangkalan Madura. Adapun rumusan masalah sebagai berikut: 1.Bagaimana kemampuan maharah kitabah siswa kelas VIII-B Madrasah Tsanawiyah At-Tahririyah Bangkalan Madura. 2. Bagaimana penggunaan strategi Project Based Learning untuk meningkatakan maharah kitabah siswa kelas VIII-B?. 3. Bagaimana efektifitas penggunaan strategi Project Based Learning untuk meningkatakan maharah kitabah siswa kelas VIII-B? Adapun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif melalui instrumen penelitian observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari 32 siswa kelas VIII-B di Madrasah Tsanawiyah At-Tahririyah Bangkalan Madura, maka digunakan T-test. Terdapat efektifitas penggunaan strategi Project Based Learning untuk meningkatkan maharah kitabah siswa kelas VIII-B di Madrasah Tsanawiyah At-Tahririyah Bangkalan Madura. Melalui hasil analisis T-test diperoleh nilai T-hitung lebih besar daripada T-tabel yaitu: 11.34 > 2.04. Sehingga, menunjukkan bahwa Ha diterima.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan > Pendekatan Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Strategi; Project Based Learning (PjBL); keterampilan menulis | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Qiptiyah Maryatul | ||||||
Date Deposited: | 15 Feb 2018 08:36 | ||||||
Last Modified: | 15 Feb 2018 08:36 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23270 |
Actions (login required)
View Item |