This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Lisa'iharodhiyah, Lisa'iharodhiyah (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran Model Generatif berbasis Edutainment untuk meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa kelas VII-A MTs Wachid Hasyim Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Lisa'iharodhiyah_D74213071.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektivan pengembangan perangkat pembelajaran yang terdiri atas RPP, modul siswa dan LKS. Perangkat pembelajaran tersebut dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran generatif berbasis edutainment. Untuk memperoleh data tersebut peneliti melakukan penelitian di MTs Wachid Hasyim Surabaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Adapun tahapan pengembangannya yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Pengembangan perangkat pada penelitian ini meliputi RPP, modul siswa, dan LKS. Uji coba dilakukan pada 30 siswa kelas VII-A MTs Wachid Hasyim Surabaya. Data yang diperoleh selama penelitian ini berupa hasil keterlaksanaan sintaks, aktivitas siswa, angket respon siswa dan angket motivasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran berbasis edutainment. Data penelitian dianalisis sehingga menghasilkan data sebagai berikut: pada proses pengembangan perangkat pembelajaran memperoleh data bahwa sekolah tersebut menggunakan kurikulum 2013, karena penelitian ini dilakukan pada topik bunga tunggal, diskon dan pajak maka menggunakan KD 3.9 dan 4.9 pada semester genap kelas VII. Kevalidan RPP berkategori sangat valid dengan rata-rata sebesar 3,4; kevalidan modul siswa berkategori sangat valid dengan rata-rata sebesar 3,58; kevalidan LKS berkategori sangat valid dengan rata-rata sebesar 3,52. Kepraktisan untuk RPP memiliki rata-rata nilai yakni 3,22 yang berarti dalam kategori sangat praktis; kepraktisan buku siswa sebesar 3,58 yang berarti dalam kategori sangat praktis; dan kepraktisan LKS sebesar 3.22 yang berarti dalam kategori sangat praktis. Pembelajaran tersebut memenuhi kriteria sangat efektif karena keterlaksanaan sintaks pada pertemuan pertama sebesar 89 dan 96% pada pertemuan kedua; aktivitas siswa yang relevan selama proses pembelajaran memiliki rata-rata sebesar 25,64% yang berarti dalam kategori efektif; respon siswa sebesar 78,48% berkategori sangat efektif; ketuntasan hasil belajar kognitif siswa 100% tuntas dan ketuntasan penilaian keterampilan 70% tuntas yang berarti dalam kategori efektif; dan motivasi belajar matematika sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran model generatif berbasis edutainment mengalami peningkatan sebesar 19,01%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Model Generatif; Edutainment | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Lisa'iharodhiyah Lisa'iharodhiyah | ||||||
Date Deposited: | 15 Feb 2018 07:11 | ||||||
Last Modified: | 15 Feb 2018 07:11 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23304 |
Actions (login required)
View Item |