This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Badriyah, Nur Lailatul (2015) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM MY NAME IS KHAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.
|
Text
Cover.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (171kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan manusia Indonesia dewasa ini memang tidak semudah membalik telapak tangan. Beragam persoalan kebangsaan terus menerus mewarnai wajah buram pendidikan Indonesia yang diliputi kecemasan dan kekhawatiran mengenai krisis moral yang menimpa tunas-tunas bangsa. Hal inilah yang membuat ide pendidikan karakter sebagai solusi. Adanya pendidikan karakter yang sudah bertahun-tahun lalu menyebabkan perlunya pilihan media yang lain untuk menghindari penyampaian materi yang stagna, yaitu salah satunya dengan menggunakan film.
Media film merupakan media yang dapat dilihat dan dapat didengar. Oleh karena itu film menjadi pilihan yang menarik karena bisa menyampaikan suatu pelajaran secara lebih menyenangkan dan mudah. Tetapi, dewasa ini banyak film baik yang produksi dalam maupun luar negeri yang didominasi dengan horror, kekerasan, perkelahian, percintaan, yag penulis anggap masih jauh dari nilai pendidikan. Khususnya pendidikan karakter yang terkandung dalam film bisa dijadikan sebagai media pendidikan untuk menambah moralitas masyarakat. Tetapi ada juga film yang bernilai pendidikan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui penelitian kepustakaan (Library Research), dengan mengambil objek film “My Name Is Khan”. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film “My Name Is Khan”. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi yang berasal dari tayangan fil “My Name Is Khan”. Dalam melakukan analisis, penulis menggunakan metode deskriptif analisis dimana bahan-bahan yang terkumpul diuraikan, ditafsirkan serta ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa dalam flm My Name Is Khan terdapat nilai-nilai pendidikan karakter di dalamnya, diantaranya : cinta kepada Allah dan alam semesta beserta isinya, kemandirian dan tanggung jawab, jujur dan amanah, hormat dan santun, dermawan, suka menolong dan kerja sama, percaya diri dan bekerja keras, keadilan dan kepemimpinan, baik dan rendah hati, toleransi cinta damai dan persatuan
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | SAIFUL JAZIL | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan - Karakter |
||||||
Keywords: | Nilai; Pendidikan Karakter; Film My Name Is Khan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Mr Sulaiman Sulaiman | ||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2015 07:53 | ||||||
Last Modified: | 21 Oct 2015 07:53 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2386 |
Actions (login required)
View Item |