ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM MY NAME IS KHAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Badriyah, Nur Lailatul (2015) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM MY NAME IS KHAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Permasalahan manusia Indonesia dewasa ini memang tidak semudah membalik telapak tangan. Beragam persoalan kebangsaan terus menerus mewarnai wajah buram pendidikan Indonesia yang diliputi kecemasan dan kekhawatiran mengenai krisis moral yang menimpa tunas-tunas bangsa. Hal inilah yang membuat ide pendidikan karakter sebagai solusi. Adanya pendidikan karakter yang sudah bertahun-tahun lalu menyebabkan perlunya pilihan media yang lain untuk menghindari penyampaian materi yang stagna, yaitu salah satunya dengan menggunakan film.
Media film merupakan media yang dapat dilihat dan dapat didengar. Oleh karena itu film menjadi pilihan yang menarik karena bisa menyampaikan suatu pelajaran secara lebih menyenangkan dan mudah. Tetapi, dewasa ini banyak film baik yang produksi dalam maupun luar negeri yang didominasi dengan horror, kekerasan, perkelahian, percintaan, yag penulis anggap masih jauh dari nilai pendidikan. Khususnya pendidikan karakter yang terkandung dalam film bisa dijadikan sebagai media pendidikan untuk menambah moralitas masyarakat. Tetapi ada juga film yang bernilai pendidikan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui penelitian kepustakaan (Library Research), dengan mengambil objek film “My Name Is Khan”. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film “My Name Is Khan”. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi yang berasal dari tayangan fil “My Name Is Khan”. Dalam melakukan analisis, penulis menggunakan metode deskriptif analisis dimana bahan-bahan yang terkumpul diuraikan, ditafsirkan serta ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa dalam flm My Name Is Khan terdapat nilai-nilai pendidikan karakter di dalamnya, diantaranya : cinta kepada Allah dan alam semesta beserta isinya, kemandirian dan tanggung jawab, jujur dan amanah, hormat dan santun, dermawan, suka menolong dan kerja sama, percaya diri dan bekerja keras, keadilan dan kepemimpinan, baik dan rendah hati, toleransi cinta damai dan persatuan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SAIFUL JAZIL
Creators:
CreatorsEmailNIM
Badriyah, Nur LailatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Nilai; Pendidikan Karakter; Film My Name Is Khan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Mr Sulaiman Sulaiman
Date Deposited: 21 Oct 2015 07:53
Last Modified: 21 Oct 2015 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2386

Actions (login required)

View Item View Item