This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nazilah, Titik (2010) Efektivitas bimbingan konseling dalam menumbuhkan kecerdasan emosional siswa di MTs Negeri Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Titik Nazilah_B03304017 1.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Ada tiga pembahasan yang dikaji dalam skripsi ini yaitu : (1) Bagaimana proses pelaksanaan bimbingan konseling di MTs Negeri Lamongan. (2) Apakah bimbingan konseling efektif dalam menumbuhkan kecerdasan emosional siswa di MTs Negeri Lamongan, (3) Sejauhmana hasil efektivitas bimbingan konseling dalam menumbuhkan kccerdasan emosional siswa di MTs Negeri Lamongan. Dalam menjawab permasalahan tersebut, maka penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif-kuantitatif. Untuk data kualitatif digunakan teknik analisis deskriptif sedangkan untuk data kuantitatif digunakan teknik analisis product moment rxy untuk mengetahui hasil efektivitasnya bimbingan konseling dalam menumbuhkan kecerdasan emosional siswa di MTs Negeri Lamongan dengan menggunakan angket, dalam penelitian ini jumlah sample yang digunakan yaitu 80 siswa dari kelas VIII dan IX. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa (1) Proses pelaksanaan bimbingan konseling daJam menumbuhkan kecerdasan emosional siswa di MTs Negeri Lamongan yang dilakukan oleh peneliti melalui beberapa langkah yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, terapi clan evaluasi serta data angket berjalan dengan cukup baik sesuai dengan hasil perhitungan prosentase yaitu sebesar 62.58% yang berada diantara 56% - 75% dengan kategori cukup baik. (2) Bimbingan konseling di MTs Negeri Lamongan dalam menumbuhkan kecerdasan emosinaol pada siswa terbilang (ya atau efektif), hal ini dapat diketahui dari indek korelasi "r" product moment rxy berada diantara 0,700-0,900 dengan interpretasi kuat atau tinggi. (3) Berdasarkan dari hasil analisis data menunjukkan bahwa bimbingan konseling efektif dalam menumbuhkan kecerdasan emosional siswa di MTs Negeri Lamongan, karena rxy yang diperoleh lebih besar dari r pada tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,828% dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak dan berdasarkan tabel interpretasi yang ada menunjukkan bahwa bimbingan konseling mempunyai korelasi efektivitas yang tinggi atau kuat dalam menumbuhkan kecerdasan emosional siswa di MTs Negeri Lamongan, dimana rxy berada diantara 0,700 -0,900.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Konseling | ||||||
Keywords: | Kecerdasan emosional; Bimbingan konseling | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 28 Mar 2018 05:12 | ||||||
Last Modified: | 28 Mar 2018 05:12 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23971 |
Actions (login required)
View Item |