Survey tingkat melek politik pemilih pemula dalam pemilihan kepala daerah Kabupaten Gresik tahun 2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chalik, Abdul (2015) Survey tingkat melek politik pemilih pemula dalam pemilihan kepala daerah Kabupaten Gresik tahun 2015. Other thesis, Kabupaten Gresik.

[img] Text
Survey tingkat melek politik.pdf

Download (772kB)

Abstract

Isu utama dalam Pemilhan Umum (Pemilu) di Indonesia terkait dengan partisipasi politik yang mengalami naik turun. Yang dimaksud dengan partisipasi politik adalah aktifitas yang dilakukan oleh individu warga Negara untuk mempengaruhi pilihan orang untu posisi pemerintahan dan/atau untuk mempengaruhi tindakan-tindakan mereka sebagai pejabat pemerintah. Partisipasi dalam arti yang sederhana adalah ikut Pemilu (voter turnout) dan ikut serta dalam kampanye-kampanye Pemilu, aksi damai maupun aksi dengan menggunakan kekerasan. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui tingkat pengetahuan pemilih pemula tentang Pilkada di Kabupaten Gresik; (2) Untuk mengetahui dasar dan faktor terbentuknya pengetahuan pemilih pemula tentang Pilkada Metode penelitian. Pendekatan penelitian. Penelitian akan menggunakan metode kuantitatif berupa generalisai atas asumsi umum yang dituangkan dalam pilihan kuesioner/angket. Sampel dan teknik sampling. Penelitian ini akan dilakukan di tiga wilayah Kabupaten Gresik, sesuai dengan karakteristiknya. Wilayah tersebut meliputi wilayah Selatan yang representasi kawasan pertanian, sebagian abangan, dan buruh pabrik. Wilayah tengah merupakan kawasan urban dan suburban, karakter santri cukup kuat dan banyak pekerja pabrik dan professional. Kawasan utara dengan karakteristik wilayah perikanan dan pesisir, nuansa santri sangat kental. Analisis data. Semua data akan ditabulasi dan dianalisis menggunakan SPSS 17.0 dan selanjutnya akan dilakukan interpretasi.
Hasil penelitian (1) Pemilih pemula beranggapan bahwa mengikuti Pemilu merupakan kewajiban bagi setiap warga negara demi perubahan bangsa ke arah yang lebih baik. Mereka sependapat bahwa untuk melahirkan sistem kenegaraan yang baik dieperlukan adanya partisipasi politik melalui ikut serta dalam Pemilu. Meskipun demikian, sebagian besar mereka belum tahu tata cara mencoblos yang benar sesuai dengan aturan, karena baru pertama kali ikut Pemilu, dan sebagian kecil yang sudah tahu. Terkait dengan Pemilukada yang akan dilaksanakan pada Desember 2015, sebagian besar belum mengatahuinya, dan hanya sebagian kecil yang sudah mengetahuinya. Dilihat dari aspek gender, kaum laki-laki lebih melek dan respon terhadap isu-isu politik terutama keikutsertaan dalam Pemilukada. Pada aspek ini tidak terjadi disparitas yang tajam antar masing-masing wilayah di Kabupaten Gresik, antara wilayah selatan, tengah dan utara. (2) Pemilih pemula dalam Pemilukada Grasik sebagian besar digolongkan dengan pemilih rasional. Yakni memiliki atas dasar pertimbangan kepasitas dan kompetensi pada pemimpin yang dipilih. Hanya sebagian kecil yang dikatagorikan pemilih emosional dan akeptis yakni memilih karena faktor kedekatan ideologis, janji dan pemberian hadiah. Terjadi disparitas yang cukup menonjol antar masing-masing wilayah di Kabupaten Gresik, antara wilayah selatan, tengah dan utara. Meskipun secara umum dikatagorikan rasional, namun di wilayah selatan tingkat skeptisnya lebih tinggi. Pemilih yang didasarkan pada janji dan pemberian hadiah lebih menonjol dibandingkan dengan tengah dan utara. Sementara di bagian utara menonjol memilih karena kedekatan ideologis dan budaya. (3) Sumber informasi tentang Pemilukada dan Para Kandidat yang akan berkompetisi sebagian besar diperoleh dari dari kawan, sahabat dan obrolan informal. Sementara sumber-sumber resmi seperti KPUD, PPK, PPS dan spanduk/baliho bukan menjadi prioritas utama dalam mengakses informasi. Demikian pula informasi yang bersumber dari Koran/majalah/media online tidak menjadi prioritas utama yang dapat memberikan pemahaman kepada pemilih pemula tentang urusan kepemiluan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chalik, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Politik
Keywords: Survey; politik; pemilihan kepala daerah
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Penelitian
Depositing User: Editor : Sirajul Arifin------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Apr 2018 00:53
Last Modified: 09 Apr 2018 00:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24064

Actions (login required)

View Item View Item