This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Bahron, Ahmad (2011) Interaksi edukatif antar siswa dengan pembelajaran group to group exchange pada sub-materi pokok luas sisi tabung dan sisi kerucut di SMP Wachid Hasyim 4 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Ahmad Bahron_D04206022.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menuntut siswa bersikap aktif dan dapat bekerja sama atau berinteraksi dengan siswa lain dalam pembelajaran. E. Mulyasa mengatakan bahwa hakekat pembelaj aran adalah interaksi antara siswa dengan siswa lain dan siswa dengan lingkungan". Namun pada penerapan pembelajaran matematika, sikap tersebut belum menunjukkan maksimal. Hal ini disebabkan karena guru sering menggunakan pembelajaran konvensional. Pembelajaran konvensional yang dilakukan oleh guru secara berulang-ulang dengan urutan sajian sebagai berikut: (1) siswa diajarkan sebuah teori/definisi/teorem (2) siswa diberikan contoh-contoh, kemudian (3) diberikan soal atau latihan, yang dapat menurunkan kreativitas dan daya social interaksi siswa dengan siswa yang lainnya. Oleh karena itu, peneliti memberikan sebuah altematif pembelajaran group to group exchanf{e. Pembel jaran !{roup to group exchan!{e adalah pembelajaran aktif yang mampu meningkat interaksi edukatif antar siswa, karena pembelajaran ini bertwnpu pada petnbelajaran sesruna tetnan. Interaksi edukatif ru1tar siswa dalrun pemhelajaran group to group exchange dapat dibedakan menjadi dua, yaitu interaksi edukatif antar siswa dalam kelompok dan interaksi edukatif antar siswa antar kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk ( 1) Mendeskripsikan pola interaksi edukatif antar sis\va dalam kelompok selama menggunakan pembelajaran group to group exchange pada sub-materi pokok luas sisi tabung, (2) Mendeskripsikan pola interaksi edukatif antar kelompok selama menggunakan pembelajaran group to group exchange pada sub-materi pokok luas sisi kerucut dan (3) Mendeskripsikan isi interaksi edukatif antar siswa dalam kelompok selama menggunakan pemhelajaran group to group exchange pada sub-n1ateri pokok luas sisi tabung dan sisi kerucut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IXA SMP Wachid Hasyim 4 Surabaya, pada semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 dengan sub-materi pokok luas sisi tabung dan sisi kerucut. Subjek penelitian ini adalah dua dari tujuh kelompok, yaitu kelompok dua dan kdompok lima yang masing-ntasing kdotnpok l n.liri dari 5 siswa. Data pula dan isi (content) interaksi edukatif siswa diperoleh dari lembar observasi, rekaman video dan wawancara. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Siswa A nilai rata-rata ulangan harian 90 dan digolongkan sisv.:a berkemampuan tinggi, telah melakukan dua puluh delapan kali interaksi edukatif antar siswa dalam kelompok dua. Baik itu yang memulai interaksi maupun yang menanggapi interaksi dari siswa lain, sehingga dalam pembelajaran group to group exchange, dia merupakan sumber belajar siswa
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Interaksi edukatif siswa; pembelajaran group to group exchange; materi luas sisi tabung dan kerucut | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 09 Apr 2018 05:04 | ||||||
Last Modified: | 09 Apr 2018 05:04 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24077 |
Actions (login required)
View Item |