PENINGKATKAN SELF MANAGEMENT DALAM BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X MULTIMEDIA 2 DI SMK ISLAM AL – AMAL SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Lailatul Sifa’ur (2015) PENINGKATKAN SELF MANAGEMENT DALAM BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X MULTIMEDIA 2 DI SMK ISLAM AL – AMAL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Self Management dalam belajar adalah suatu kemampuan yang berkenaan dengan keadaan diri sendiri dan ketrampilan dimana individu dapat mengelola dan mengatur diri untuk mengarahkan pengubahan tingkahlakunya sendiri untuk belajar dengan pemanipulasian stimulus dan respon baik internal maupun eksternal. Fenomena yang terjadi pada siswa kelas X multimedia 2 SMK Islam Al – Amal Surabaya yaitu bahwa siswa tidak mempunyai keinginan untuk membaca, tidak memiliki hasrat pribadi untuk maju, memiliki sifat pelupa, suka bermalas-malasan, tidak memilki watak kepribadian yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan Self Management dalam belajar sebelum dan sesudah melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X multimedia 2 SMK Islam Al – Amal Surabaya?.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah Pre Experimental Design dan pola eksperimen yang digunakan adalah pre-test and post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X multimedia 2 SMK Islam Al – Amal Surabaya dengan jumlah 33 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 15 siswa terdiri dari 3 siswa berkriteria rendah, 2 berkriteria sedang dan 10 siswa berkriteria tinggi. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang digunakan pada saat sebelum dan sesudah pemberian bimbingan kelompok. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan deskriptif persentase.
Pada hasil pre-test diperoleh Self Management dalam belajar dengan kategori tinggi (62,98%). Dan setelah diberikan treatment berupa layanan bimbingan kelompok diperoleh hasil post-test Self Management dalam belajar dengan kategori sangat tinggi (80,67%). Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan Self Management dalam belajar pada siswa sebesar 17,69%. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa Zhitung= 120 > Ztabel= 25 , artinya Ho ditolak dan Ha diterima.
Simpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan Self Management dalam belajar siswa setelah diberi layanan bimbingan kelompok. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah agar pihak sekolah memberikan jam masuk kelas kepada guru pembimbing, memberikan sarana dan prasarana untuk menunjang terlaksananya kegiatan layanan bimbingan kelompok

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: AZ Fanani
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Lailatul Sifa’urUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Self Management; Bimbingan Kelompok
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2015 08:27
Last Modified: 23 Oct 2015 08:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2417

Actions (login required)

View Item View Item