This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Muslim, Edi Ichwanun (2015) TATHWIR MAWAD TA’LIM AL LUGHAH AL ARABIYAH LI MAHARAH AL QIRA’AH FI AL MANHAJ 2013 FASHL AL SABI’ FI AL MADRASAH RADEN PAKU AL MUTAWASITHAH AL ISLAMIYAH AL AHLIYAH KEDAMEAN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (12MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (748kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (702kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (612kB) | Preview |
Abstract
Madrasah tsanawiyah raden paku merupakan salah satu taman belajar siswa yang ada di kedamean gresik. Pendidikan bahasa arab menjadi salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah ini. Pendidikan yang dulunya masih menggunakan kurikulum ktsp, sekarang madrasah sudah menggunakan kurikulum yang baru, yaitu kurikulum 2013.
Pembelajaran bahasa arab siswa dengan kurikulum baru perlu adanya adaptasi. Karena dari segi materi dan latihan yang ada di kurikulum 2013 sudah berbeda dengan kurikulum yang lama, ktsp. Dengan adanya kurikulum baru dan siswa masih belum terbiasa dengan kurikulum 2013, maka penulis ingin membantu siswa untuk lebih mudah dan terbiasa dalam memahami isi materi dan latihan-latihan yang ada didalam kurikulum 2013 dengan bahan ajar yang disediakan oleh penulis.
Dilandasi dengan pandangan bahwa bahan ajar menjadi alternatif strategis-akseleratif pembangunan kembali dunia pendidikan dan pembelajaran bahasa arab akan berlangsung dengan baik dan efektif jika didukung oleh buku teks pelajaran yang baik juga.
Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku teks pelajaran bahasa arab mts kelas VII yang sesuai dan layak untuk siswa. Pada jenjang tersebut dilihat dari hasil validasi ahli media, ahli materi, dan respon guru serta siswa terhadap buku teks pelajaran yang dikembangkan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research & development) / R&D) dengan tahapan yang terdiri dari : (1) analisis kebutuhan (2) desain pembelajaran (3) pengembangan produk (4)validasi ahli media dan materi (5) respon guru dan siswa (6) produk akhir.
Proses validasi dilakukan oleh dua ahli media dan materi, subjek penelitian adalah madrasah tsanawiyah raden paku kedamean gresik. Data diperoleh dari angket oleh ahli media dan materi serta respon siswa terhadap buku teks pelajaran yang dikembangkan pada aspek materi, pembelajaran, aspek media, dan penggunaan.
Setelah pengembangan bahan ajar bahasa arab pada keterampilan qira’ah dalam kurikulum 2013 telah diajarkan, dipelajari, dan dipahami oleh siswa kelas VII, diharapkan bisa memberikan motifasi terhadap siswa agar tetap semangat dalam belajar bahasa arab dan tidak menjadikan bahasa arab menjadi pelajaran yang susah untuk dipahami. Dan kepada guru bahasa arab agar memberikan perhatian penuh akan penyusunan bahan ajar yang lebih sesuai dengan keadaan siswa dan perkembangan teknologi
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Muflikhah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Kurikulum Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Materi Pembelajaran; Ketrampilan Membaca; Kurikulum | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 26 Oct 2015 09:26 | ||||||
Last Modified: | 26 Oct 2015 09:26 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2437 |
Actions (login required)
View Item |