This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rachmaniya, Ana Sa'ida (2018) Hubungan antara kematangan emosi dengan kecenderungan Psikosomatis pada remaja yang tinggal di Pondok Pesantren. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Ana Sa'ida Rachmaniya_J01214003.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi dengan kecenderungan psikosomatis pada remaja yang tinggal di pondok pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa skala kematangan emosi dan skala kecenderungan psikosomatis. Subjek penelitian berjumlah 86 santri dari jumlah populasi sebanyak 430 santri Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an (PIQ) Singosari Malang. Pengambilan data menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis product moment dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kematangan emosi dengan kecenderungan psikosomatis pada remaja yang tinggal di pondok pesantren dengan nilai signifikansi 0.001 < 0.05. Pada tabel correlation terdapat nilai koefisien korelasi sebesar -0.343 yang berarti semakin tinggi kematangan emosi maka semakin rendah kecenderungan psikosomatis, begitu juga sebaliknya, semakin rendah kematangan emosi maka semakin tinggi kecenderungan psikosomatis.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Psikologi | ||||||
Keywords: | Kematangan emosi; kecenderungan psikosomatis; remaja | ||||||
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi | ||||||
Depositing User: | Rachmaniya Ana Sa'ida | ||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2018 04:03 | ||||||
Last Modified: | 24 Apr 2018 04:03 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24401 |
Actions (login required)
View Item |