This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sukma, Garinda (2018) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi perubahan wujud benda di kelas II MI al-Islah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Garinda Sukma_D07214023.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPA kelas II MI Al-Islah Sidoarjo. Faktor penyebabnya yaitu pembelajaran masih konvensional, pembelajaran tidak berpusat pada siswa, siswa kurang memahami konsep, guru belum mengkaitkan materi dengan kehidupan nyata sehari-hari dan kurang inovatif dalam pemilihan model pembelajaran. Hal tersebut dapat diselesaikan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi perubahan wujud benda, sehingga siswa mampu mengembangkan pemikiran kritis dan mampu memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi perubahan wujud benda di kelas II MI Al-Islah Sidoarjo; 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi perubahan wujud benda setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas II MI Al-Islah Sidoarjo. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan. Penelitian ini dilakukan di MI Al-Islah Sidoarjo pada kelas II dengan siswa sebanyak 25 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) materi perubahan wujud benda dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Aktivitas guru pada siklus I sebesar 73% (kategori cukup) pada siklus II meningkat menjadi 91% (kategori sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75% (kategori cukup) pada siklus II meningkat menjadi 94% (kategori sangat baik). 2) Peningkatan hasil belajar yang mendapat nilai diatas KKM (80) dengan presentase prasiklus 8%, siklus I 56% dan siklus II 80%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Hasil belajar; perubahan wujud benda; model pembelajaran; Problem Based Learning (PBL) | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Sukma Garinda | ||||||
Date Deposited: | 30 Apr 2018 02:40 | ||||||
Last Modified: | 30 Apr 2018 02:40 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24476 |
Actions (login required)
View Item |