This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ningtyas, Rizky Fardiana (2018) Peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi adab makan dan minum melalui metode simulasi di kelas I MI Al-Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Rizky Fardiana Ningtyas_D77214046.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak kelas I MI Al-Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik menunjukkan bahwa tingkat pemahamn siswa terhadap materi adab makan dan minum dalam kategori rendah hal ini diketahui dari dilaksanakannya pre-test pada pra siklus dari 25 siswa hanya 8 siswa yang masuk kategori tuntas atau mencapai nilai KKM 76. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Aqidah Akhlak, bahwa rendahnya tingkat pemahaman materi dikarenakan penyampaian materi yang digunakan adalah ceramah, dan karakteristik siswa kelas I kurang aktif dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penerapan metode simulasi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode simulasi dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak materi adan makan dan minum di kelas I MI Al-Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak materi adab makan dan minum melalui metode simulasi di kelas I MI Al-Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik? Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK model Kurt Lewin. Tiap siklusnya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) penerapan metode simulasi untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak materi adab makan dan minum bagi siswa kelas I MI Al-Asyhar dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai akhir aktifitas guru pada siklus I adalah 75 meningkat menjadi 90 pada siklus II. Sedangkan untuk nilai akhir aktivitas siswa pada siklus I adalah 71 meningkat menjadi 91 pada siklus II. (2) Tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak materi adab makan dan minum di kelas I melalui metode simulasi mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata hasil nilai pengamatan kegiatan simulasi siswa pada siklus I adalah 72,9 meningkat menjadi 84,05 pada siklus II dan dapat dibuktikan juga dari hasil nilai tes pemahaman, pada siklus I diperoleh hasil 60% (cukup) dengan rata-rata 76,4 dan pada siklus II diperoleh hasil 84% (tinggi) dan rata-rata nilai sebesar 84.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Akhlak Adab |
||||||
Keywords: | Pemahaman; Mata pelajaran Aqidah Akhlak; materi adab makan dan minum; Metode simulasi | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Ningtyas Rizky Fardiana | ||||||
Date Deposited: | 02 May 2018 03:12 | ||||||
Last Modified: | 02 May 2018 03:12 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24553 |
Actions (login required)
View Item |