This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Tadzkiroh, Syarifatut (2015) MANAJEMEN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KHADIJAH SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (245kB) | Preview |
Abstract
Manajemen kurikulum adalah suatu sistem pengelolaaan kurikulum yang kooperatif, komperehensif, sistemik, dan sistematik dalam rangka mewujudkan ketercapaian tujuan kurikulum. Manajemen kurikulum merupakan bagian integral dalam satuan lembaga pendidikan, sehingga memainkan peranan penting tercapainya tujuan pendidikan. Sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kebijakan pemerintah Indonesia, SMP Khadijah menjadi salah satu pilot project implementasi Kurikulum 2013 sebelum di terapkan disekolah lainnya. Terpilihnya SMP Khadijah sebagai sekolah percontohan tentu bukan tanpa alasan, secara administrasi, fasilitas maupun sumber daya pendukung lainnya, SMP Khadijah layak menjadi bagian dari proyek ini. Bak gayung bersambut, dengan penuh kesadaran tinggi jajaran manajemen sekolah menggerakkan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan, serta komponen sumber daya lainnya dalam rangka implementasi kurikulum 2013 dengan maksimal.
Penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang mana peneliti akan mencoba mendeskripsikan manajemen implementasi kurikulum 2013 di SMP Khadijah Surabaya. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kegiatan manajerial di SMP Khadijah dan dapat merumuskan faktor- faktor apa saja yang menjadi pendukung sekaligus penghambat suksesnya implementasi kurikulum 2013 di SMP Khadijah Surabaya. Hasil dari penelitian ini, secara empiris akan dapat menjadi hasanah keilmuan dalam mengkontruksi paradigma kepala sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum 2013.
Temuan dalam penelitian ini adalah kegiatan manjerial yang optimal merupakan kunci utama dari suksesnya implementasi kurikulum 2013 di SMP Khadijah, sebagaimana teori manajemen yang dikaji pada umumnya, sekolah ini menyusun perencanaan dengan matang, membagi job discribtion dalam kegiatan pengorganisasian, mengimplementasikan kegiatan dalam proses manajerial sebelumnya dengan semaksimal mungkin, dan mengadakan evaluasi secara intens dalam setiap semester. Selain dari pada itu, tanggung jawab kepala sekolah yang besar, profesionalisme guru yang terus ditingkatkan, fasilitas sekolah yang serba berbasis teknologi modern, dan aktifitas peserta didik yang terjadwalkan dengan rapi juga merupakan kunci keberhasilan kurikulum 2013 di SMP Khadijah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Lilik Huriyah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Kurikulum Pendidikan > Manajemen Kelas |
||||||
Keywords: | Manajemen; Kurikulum 2013 | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2015 06:52 | ||||||
Last Modified: | 27 Oct 2015 06:52 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2456 |
Actions (login required)
View Item |