This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zuraida, Diana Amirotuz (2015) KONTRIBUSI BAKAT NUMERIK, KECERDASAN SPASIAL DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (885kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (490kB) | Preview |
Abstract
Prestasi Belajar Matematika adalah salah satu sorotan utama yang menggambarkan kualitas dari pendidikan. Prestasi bisa dipengaruhi oleh faktor internal yaitu bakat dan kecerdasan. Dalam menyelesaikan soal matematika membutuhkan pengetahuan mengenai beberapa hal antara lain kemampuan logika (Kecerdasan Logis Matematis), kemampuan untuk merepresentasikan ruang dan gambar (Kecerdasan Spasial), dan lain sebagainya. Salah satu bakat yang terlibat dalam Prestasi Belajar Matematika adalah Bakat Numerik yang merupakan kemampuan dasar perhitungan yang harus dimiliki. Bakat dan kecerdasan tersebut diperlukan untuk meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi Bakat Numerik terhadap Prestasi Belajar Matematika dengan keterlibatan Kecerdasan Logis Matematis. Kontribusi Kecerdasan Spasial terhadap Prestasi Belajar Matematika dengan keterlibatan Kecerdasan Logis Matematis. Kontribusi Bakat Numerik, Kecerdasan Spasial, dan Kecerdasan Logis Matematis secara simultan terhadap Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto karena berhubungan dengan variabel yang telah terjadi dan tidak perlu memberikan perlakuan terhadap variabel yang diteliti. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-G SMP Negeri 36 Surabaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dengan melibatkan data prestasi yaitu nilai rapor matematika ketika semester genap.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya kontribusi Bakat Numerik terhadap Prestasi Belajar Matematika yang melibatkan Kecerdasan Logis Matematis sebesar 61,8%. Kontribusi Kecerdasan Spasial terhadap Prestasi Belajar Matematika dengan keterlibatan Kecerdasan Logis Matematis sebesar 69,2%. Kontribusi Bakat Numerik, Kecerdasan Spasial dan Kecerdasan Logis Matematis secara simultan terhadap Prestasi Belajar Matematika sebesar 79,6%. Hal ini menunjukkan bahwa Bakat Numerik, Kecerdasan Spasial, dan Kecerdasan Logis Matematis berkontribusi secara langsung maupun tidak langsung terhadap Prestasi Belajar Matematika siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Maunah Setyawati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Prestasi Belajar |
||||||
Keywords: | Bakat Numerik; Kecerdasan Spasial; Prestasi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2015 07:40 | ||||||
Last Modified: | 27 Oct 2015 07:40 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2458 |
Actions (login required)
View Item |