ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qur’ani, Zu’ma Wihdatul (2015) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir aljabar merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa pada setiap tingkat pendidikan, khususnya pada tingkat sekolah menengah atas. Dengan mengetahui kemampuan berpikir aljabar siswa secara tidak langsung kita juga dapat mengetahui bahwa siswa mampu memahami dan mampu menggunakan aljabar pada materi yang membutuhkan keterampilan penggunaan aljabar seperti fungsi eksponen, fungsi logaritma, fungsi trigonometri dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir aljabar siswa pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier berdasarkan nilai ulangan harian siswa pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk menjelaskan kemampuan berpikir aljabar siswa. Subjek penelitian ini adalah enam siswa kelompok tinggi, sedang, dan rendah dari kelas X-MIA-4 MAN Surabaya. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan wawancara. Selanjutnya data tes dan wawancara setiap subjek penelitian dipaparkan, kemudian dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir aljabar yang diadaptasi dari komponen berpikir aljabar Kriegler. Indikator tersebut dijabarkan pada setiap komponen berpikir aljabar yakni komponen pengembangan alat berpikir matematik dan komponen studi mengenai ide dasar aljabar.
Dari analisis data tersebut, didapatkan kesimpulan bahwa :
1) Kemampuan berpikir aljabar siswa kelompok tinggi adalah baik,
2) Kemampuan berpikir aljabar siswa kelompok sedang adalah cukup, dan 3) Kemampuan berpikir aljabar siswa kelompok rendah adalah kurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Lisanul Uswah Sadieda
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qur’ani, Zu’ma WihdatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Keywords: Komponen Kemampuan; Berpikir Aljabar; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2015 07:46
Last Modified: 27 Oct 2015 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2460

Actions (login required)

View Item View Item