This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ashari, Muhammad Khakim (2018) Kompetensi guru pesantren dalam meningkatkan kecerdasan sosial santri: studi multi kasus di pondok pesantren Roudlotul Qur’an dan pondok pesantren Fathul Hidayah Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Muhammad Khakim Ashari_F02316064.pdf Download (24MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru pesantren dalam meningkatkan kecerdasan sosial santri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana kompetensi guru pesantren di PP. Roudlotul Qur’an dan PP. Fathul Hidayah Lamongan. Bagaimana usaha yang dilakukan oleh guru pesantren dalam meningkatkan kecerdasan sosial santri. Bagaimana kendala yang dihadapi oleh guru pesantren dalam meningkatkan kompetensinya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yakni fenomenologis dan interaksi simbolik. Hal yang pertama dilakukan adalah mengumpulkan data-data yang terkait dengan penelitian, kemudian peneliti mengklasifikasikan sesuai permasalahan yang dibahas, setelah itu data disusun dan di analisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa para guru pesantren yang mengajar di Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an dan Pondok Pesantren Fathul Hidayah Lamongan mempunyai kompetensi yang baik. Ada beberapa kompetensi yang terlihat dan tercermin pada diri guru pesantren, yakni kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Guru di pesantren dalam mengemban tugas sebagai pendidik juga mengalami kendala atau hambatan dalam meningkatkan kompetensinya. Hambatan tersebut berasal dari dua faktor, yakni internal dan eksternal. Upaya yang dilakukan oleh guru pesantren dalam meningkatkan kecerdasan sosial santri adalah dengan memanfaatkan pembelajaran yakni dengan memberikan pesan dan motivasi kepada santri, adanya evaluasi secara berkala, menyatukan visi dengan wali santri, memaksimalkan program kegiatan pesantren, keberadaan guru sebagai pembina dan pengawas, mengoptimalkan peran organisasi santri.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Guru Pesantren |
||||||
Keywords: | Kompetensi guru pesantren; kecerdasan sosial | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 09 May 2018 06:12 | ||||||
Last Modified: | 09 May 2018 06:12 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24927 |
Actions (login required)
View Item |