PERENCANAAN DAN PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN AR-RAHN USAHA MIKRO (ARRUM) PADA PEGADAIAN SYARIAH CABANG BLAURAN SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qadria, Laila (2015) PERENCANAAN DAN PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN AR-RAHN USAHA MIKRO (ARRUM) PADA PEGADAIAN SYARIAH CABANG BLAURAN SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian yang berjudul “Perencanaan dan Penerapan Strategi Pemasaran Pembiayaan Ar-Rahn Usaha Mikro (ARRUM) di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya”. Penelitian ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang kesesuaian perencanaan dan penerapan strategi pemasaran terhadap produk pembiayaan Ar-Rahn Usaha Mikro (ARRUM) di Pegadaian cabang Blauran Surabaya.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan pola pikir induktif. Data penelitian ini terhimpun dari wawancara secara langsung dengan karyawan dan pimpinan sekaligus manager pegadaian syariah cabang Blauran Surabaya yang berpijak pada fakta-fakta yang bersifat khusus kemudian diteliti, dianalisis dan disimpulkan sehingga pemecahan persoalan atau solusi tersebut dapat berlaku secara umum.
Hasil penelitian menunjukkan kesesuaian antara perencanaan strategi pemasaran dengan penerapan strategi pemasaran yang terdapat di Pegadaian Syariah cabang Blauran Surabaya dalam merencanakan dan menerapkan strategi pemasaran pada pembiayaan Ar-Rahn Usaha Mikro (ARRUM) terhadap nasabah yang telah memiliki usaha mikro. Penelitian ini memaparkan bahwa pegadaian syariah cabang Blauran Surabaya menerapkan perencanaan strategi pemasaran yang merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting yaitu pemasaran. Apabila kegiatan pemasaran dilakukan dengan baik sesuai dengan apa yang telah direncanakan maka akan memberikan arah kegiatan menjadi jelas. Perencanaan dan penerapan strategi pemasaran yang diterapkan oleh Pegadaian Syariah Cabang irencanakan maka akan memberikan arah kegiatan menjadi jelas. Perencanaan dan penerapan strategi pemasaran yang diterapkan oleh Pegadaian Syariah Cabang Blaran Surabaya ini ternyata mampu mempengaruhi perkembangan jumlah nasabah, terbukti dengan pencapaian kenaikan jumlah nasabah Ar-Rahn Usaha Mikro dari tahun ke tahun yang diperoleh Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya.
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan pada Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya, ada beberapa saran yaitu hendaknya pegadaian syariah semakin aktif lagi dalam meningkatkan inovasi dalam kegiatan pemasaran, kemampuan SDM perlu lebih ditingkatkan melalui diklat dan mengadakan seminar-seminar pada karyawan pegadaian syariah serta menyeleksi karyawan baru dalam rangka meningkatkan profesionalitas kerja pegadaian syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ummiy Fauziyah Laili
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qadria, LailaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Keywords: Strategi Pemasaran; Pembiayaan;Pegadaian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Sulaiman Sulaiman
Date Deposited: 29 Oct 2015 01:21
Last Modified: 29 Oct 2015 01:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2493

Actions (login required)

View Item View Item