Implementasi manajemen kurikulum plus terhadap pengembangan potensi siswa di TK al-Muslim Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indrayati, Feri (2009) Implementasi manajemen kurikulum plus terhadap pengembangan potensi siswa di TK al-Muslim Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Feri Indrayati_D03205027.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian tentang implementasi manajemen kurikulum plus terhadap pengembangan potensi siswa adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen kurikulum yang baik dari suatu lembaga pendidikan dengan mempertimbangkan potensi (kognitif, afektif dan psikomotorik). Manajemen kurikulum di Taman Kanak-kanak diarahkan pada upaya penciptaan pendidikan yang berkarakter dan menuju pada ketrampilan hidup (life skill). Kepala sekolah bertanggung jawab terhadap manajamen kurikulum yang baik agar tercipta proses belajar mengajar yang dengan mudah direncanakan, diorganisasikan, diimplementasikan dan dievaluasi. Dalam implmentasi manajemen kurikulum proses kegiatan belajar mengajar di Taman Kanak-kanak pendekatan pembelajarannya memegang peranan yang sangat penting dalam upaya menyampaikan materi bahan ajar pada anak didik, salah satu pendekatan pembelajaran yang dilakukan yaitu pendekatan pembelajaran tematik tepatnya Spider Web yaitu konsep belajar dimana menggunakan jaring laba – laba dalam mengungkap suatu tema. Satu tema dapa dilihat pada beberapa sudut mata pelajaran sehingga masing – masing dapat memacu pada perkembangan potensi siswa (kognitif, afektif, dan psikomotorik). Fokus penelitian ini adalah manajemen kurikulum plus dalam pengembangan potensi siswa di Taman Kanak-kanak dengan rincian sebagai berikut: Bagaimana konsep dasar manajemen kurikulum plus TK Al - Muslim Waru Sidoarjo, Bagaimana pengembangan potensi (Kognitif, Afektif dan Psikomotorik) di TK Al-Muslim Waru - Sidoarjo, Bagaimana implementasi manajemen kurikulum plus terhadap pengembangan potensi siswa di TK Al – Muslim Waru Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumenasi. Pemilihan informan penelitian ini menggunakan teknik snowball. Data terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan alur model Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan / verivikasi. Teori yang digunakan adalah dasar – dasar manajemen dan supervisi taman kanak-kanak, manajemen kurikulum dan pengembangan peserta didik. Teori ini digunakan untuk membantu menjelaskan implementasi dilapangan dan menguatkan kepekaan penulis. Hasil penelitian ini adalah bahwa manajemen kurikulum plus di Taman Kanak – Kanak Al-Muslim Waru Sidoarjo merupakan usaha yang dilakukan sekolah dalam rangka menuju pendidikan yang berkarakter dan mempunyai life skill melalui kurikulum plus (Program Pengembangan, Program Unggulan, Program Penunjang). Oleh karena itu untuk mencapai hal tersebut maka harus melalui kegiaan manajemen yaitu; Pertama, perencanaan kurikulum plus terdiri atas: Pengembang kurikulum, pegembangan harus diperhatikan tujuan dari pendidikan Taman Kanak-Kanak, Kurikulum KBK dan Kurikulum Plus, penyusunan program pembelajaran terdiri atas penyusunan SKM (Satuan Kegiaan Mingguan), penyusunan SKH (Satuan Kegiatan Harian),. Kedua, pengorganisasian kurikulum plus, terdiri atas: Pembagian tugas guru, pengaturan ruang kelompok, penyusunan jadwal kegiatan. Ketiga, pelaksanaan / implementasi kurikulum plus di TK Al-Muslim Waru Sidoarjo terdiri atas: kegiatan belajar mengajar terdiri atas baris dan ikrar sampai penutup dan pemberian reward serta pulang, Strategi pembelajaran yang digunakan yaitu konstruktif, Active Learning, Spider Web, Enjoy Learning, Out Bound dan lainnya. Keempat evaluasi program kurikulum plus terdiri atas: evaluasi hasil penilaian anak didik yang dilakukan oleh guru wali kelompok masing - masing

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indrayati, FeriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Potensi
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Perencanaan kurikulum; pengorganisasian kurikulum; evaluasi kurikulum; potensi siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 May 2018 06:52
Last Modified: 21 May 2018 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25174

Actions (login required)

View Item View Item