This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Iqbal, Muhammad (2011) Prinsip pluralisme dalam Pendidikan Agama Islam: studi teks buku ajar materi PAI SMA. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Muhammad Iqbal_D33205005.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini diilhami oleh sebuah fenomena Meningkatnya ancaman terhadap keragaman (Pluralisme) dan pemenuhan Hak-Hak Sipil warga negara. Yang Secara umum, ancaman terhadap keragaman bisa muncul dari upaya-upaya untuk menerapkan syariat Islam. Kekerasan dan intoleransi kerap kali terjadi atas dasar perbedaan sudut pandang baik agama maupun keyakinan. Penghargaan atas keragaman masih menjadi barang mewah dalam kehidupan berbangsa. Tuduhan sesat sangat mudah keluar untuk siapa saja yang dianggap berbeda. Ancaman terhadap kebebasan beragama dan berkeyakinan (tuduhan sesat dan penodaan agama), kekerasan berbasis agama, perusakan tempat ibadah, fatwa-fatwa keagamaan bermasalah, dan regulasi diskriminatif secara mudah ditemukan. Sampai di sini perlu bagi kita untuk merenungkan kembali tentang kondisi kehidupan beragama dan berkeyakinan yang sangat rentan dengan konflik dan kekerasan. Pun demikian menjadi penting untuk menelaah lebih mendalam dengan kajian teoritik tentang fenomena pluralisme, sebagai upaya untuk memberikan pemahaman yang lebih komperehensif. Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana wacana pluralisme dalam buku ajar pendidikan agama Islam, 2) Bagaimana relasi kuasa yang ada di belakang teks buku ajar tersebut. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif literal yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai isi pesan buku ajar materi PAI SMA. tentang prinsip pluralisme dalam pendidikan agama Islam kemudian data tersebut diolah sehingga menjadi sebuah gambaran umum mengenai kesadaran yang melekat pada teks buku ajar yang telah dikonstruk sedemikian rupa dengan menggunakan analisis wacana. Kajian penelitian ini, peneliti mencoba meneliti isi pesan dari teks yang ada di dalam buku ajar materi PAI SMA. isi pesan tersebut kebanyakan memuat tentang hukum fikih, akhlak serta syariat yang akhirnya merujuk kepada muatan normative dalam kehidupan beragama bagi peserta didik. Bukan substansi pesan agama yang disampaikan ke peserta didik. Dalam kaitan ini peneliti melakukan pendekatan Library Research yaitu peneliti membaca, mempelajari, dan memahami referensi yang terkait dengan prinsip pluralisme yang relevan dan elaborative dengan pendidikan agama Islam termasuk di dalamnya kecenderungan serta arah pendidikan Islam dalam mempromosikan nilai-nilai pluralisme. Jenis data ini, penulis gunakan untuk mencari kerangka teoritik dalam melakukan studi teks dalam buku Ajar Materi PAI SMA. Berdasarkan asumsi personal di atas diharapkan wacana pluralism yang terkandung dalam buku ajar materi PAI SMA tidak hanya sebatas pengamalan agama yang nonnative dan bagaimana ketaatan manusia pada agama dalam kehid upan yang beragam (plural). Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa isi pesan buku ajar materi PAI SMA yang masih terkesan setengah-setengah dalam menegaskan substansi agama terkait pluralism dan cenderung menampakkan sikap yang eksklusif juga sama sekali belum mencerminkan sikap keagamaan yang inklusif terhadap perbedaan. Penelitian selanjutnya diharapkan melanjutkan penelitian ini dengan permasalahan pluralisme dalam Pendidikanidikan Islam dengan kajian yang lebih dalam lagi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam | ||||||
Keywords: | Pluralisme; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 26 Jun 2018 07:56 | ||||||
Last Modified: | 26 Jun 2018 07:56 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25310 |
Actions (login required)
View Item |