This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Afandi, Ahmad (2018) Manajemen Kepala Sekolah dalam memuaskan Stakeholder Pendidikan: studi multi-situs di MI Islamiyah Mulyoagung dan SDI al Hadad Kedungjambe Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Ahmad Afandi_F021015185.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Manajemen dalam sebuah lembaga pendidikan memiliki peran vital dalam menentukan perjalanan sebuah lembaga, baik dan buruknya pengelolaan lembaga sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan di lembaga tersebut, karena sebaik apapun sebuah lembaga pendidikan kalau tidak dikelola dengan profesional maka akan mengalami kegagalan. Pelaksanaan manajemen oleh kepala sekolah yang efektif dan efisien diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Lemahnya manajemen yang diterapkan di lembaga pendidikan berdampak pada efisiensi internal pendidikan yang terlihat dari jumlah peserta didik yang mengulang bahkan pada minimnya jumlah siswa yang ada dalam lembaga pendidikan itu sendiri. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana manajemen kepala sekolah di MI Islamiyah Mulyoagung dan SDI Al-Hadad Kedungjambe Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban ?, (2) Bagaimana kepuasan stakeholder pendidikan di MI Islamiyah Mulyoagung dan SDI Al-Hadad Kedungjambe Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara. Adapun data hasil dokumentasi dianalisis menggunakan teknik analisis validitas isi. Adapun data hasil wawancara dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen yang diterapkan oleh kepala sekolah MI Islamiyah Mulyoagung dan SDI Al-Hadad Kedungjambe Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban dalam memanaj sekolah yang dipimpinnya adalah dengan menggunakan tiga jenis pola leadership yaitu pola otoriter, demokratis, dan situasional dengan melalui beberapa strategi yaitu pertama menyatukan langkah stakeholder sekolah. Kedua, pendekatan manajemen yang digunakan yaitu manajemen gried. Ketiga, menentukan rencana strategis sekolah. Keempat, mengoptimalkan promosi dan komunikasi 2) Kepuasan stakeholder ditandai dengan kemudahan para stakeholder untuk diajak bekerjasama dalam rangka meningkatkan mutu, dan kwalitas pendidikan serta sarana prasarana di sekolah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan | ||||||
Keywords: | Manajemen; Stakeholder Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Afandi Ahmad | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2018 08:09 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2018 08:09 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25519 |
Actions (login required)
View Item |