This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mashuri, Agus Ali (2011) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan metode Proyek dan Investigasi untuk melatihkan ketrampilan ilmiah siswa pada pokok bahasan Statistika di MTs. Manba'ul Hikam Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Agus Ali Mashuri_D04206066.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kompetisi dalam dunia pendidikan menuntut seseorang untuk lebih trampil menggunakan kemampuan berpikirnya, sehingga mampu memperoleh, memilih dan mengolah informasi secara efektif dan ilmiah. Salah satu pelajaran yang dapat melatihkan ketrampilan ilmiah tersebut adalah matematika. Salah satu metode pembelajaran matematika yang memberi ruang untuk melatihkan ketrampilan ilmiah siswa adalah proyek dan investigasi. Untuk menerapkan pembelajaran dengan metode proyek dan investigasi yang melatihkan ketrampilan ilmiah siswa tentunya diperlukan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan prinsip dan karakteristik metode proyek dan investigasi yang melatihkan ketrampilan ilmiah. Dari pemaparan diatas menghasilkan suatu tujuan penelitian tentang pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan metode proyek dan investigasi untuk melatihkan ketrampilan ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran, penelitian ini menggunakan rancangan model pengembangan menurut Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (define,), peraneangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate), akan tetapi penelitian ini dilaksanakan hanya sampai pada tahap pengembangan (develop) saja dikarenakan keterbatasan waktu yang dimiliki. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja siswa (LKS). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikatakan valid bila memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil deskriptif dari data penelitian diperoleh sebagai berikut: kevalidan RPP dengan metode proyek dan investigasi berkategori valid (3,94) dan kevalidan LKS (3,95), masing-masing dinilai valid, praktis dan efektif oleh para ahli, aktivitas guru dapat dikatakan efektif (seluruh aspek telah memenuhi kriteria waktu ideal), aktivitas siswa dapat dikatakan efektif (seluruh aspek telah memenuhi kriteria waktu ideal, respon siswa memenuhi kriteria efektif (70% atau lebih siswa merespon dalam kategori positit), keterlaksanaan pembelajaran berpresentase 100%. Dan hasil belajar siswa memenuhi batas ketuntasan (90%).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Proyek dan lnvestigasi; ketrampilan ilmiah | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2018 04:01 | ||||||
Last Modified: | 23 Jul 2018 04:01 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25527 |
Actions (login required)
View Item |